Senin 26 Juli 2021, 12:12 WIB

Waspadai Siaran Palsu Olimpiade Tokyo untuk Curi Data Pengguna

Muhamad Fauzi | Teknologi
Waspadai Siaran Palsu Olimpiade Tokyo untuk Curi Data Pengguna

dok.mi
Ilustrasi

 

OLIMPIADE Tokyo 2020 tidak luput dari agenda para penjahat siber, yang ingin mencuri data pengguna internet, mengatasnamakan pesta olahraga sejagad ini.

Kaspersky, dikutip dari siaran persnya, Senin (26/7), menemukan ada lima skema phishing yang berkaitan dengan Olimpiade Tokyo 2021 yang dibuat untuk mencuri kredensial korban. Masyarakat harus hati-hati, yakni:

1. Siaran langsung
Olimpiade Tokyo 2021 berlangsung di tengah pandemi virus corona sehingga panitia tidak menyediakan slot untuk menonton langsung pertandingan bagi masyarakat umum.

Sebagai gantinya, pertandingan setiap cabang olahraga Olimpiade bisa disaksikan melalui siaran langsung.

Penjahat siber membuat laman phishing yang menawarkan menonton siaran langsung Olimpiade Tokyo, pengguna internet yang ingin menonton harus mendaftar. Pelaku akan meminta korban untuk memasukkan sejumlah data, kemudian korban diminta untuk mengklik laman lain.

Setelah itu, peretas akan memasang malware ke perangkat pengguna.

2. Tiket Palsu
Meski pun tidak ada menonton langsung di stadion, para scammer memasang jebakan yaitu menjual tiket pertandingan offline.

3. Situs Palsu
Kaspersky juga menemukan ada situs palsu yang disamarkan sebagai halaman resmi Olimpiade Tokyo 2021 dan komite Olimpiade internasional.

4. Hadiah
Halaman phishing yang dibuat oenjahat siber mengiming-imingi calon korban yang berkunjung ke situs tersebut dengan hadiah.

Korban akan diminta membayar ongkos kirim dan hadiah tidak akan pernah sampai.

5. Token Pertandingan Olimpiade
Kaspersky menemukan ada penjahat siber yang membuat ata uang virtual atau token, yang diklaim sebagai dana dukungan untuk atlet Olimpiade.

Agar tidak terjebak penipuan seperti yang dicontohkan di atas, Kaspersky meminta pengguna internet selalu mengecek ulang tautan sebelum mengklik dan memeriksa keahlian situs sebelum memberikan data pribadi. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Ini Rekomendasi Pembelajaran Aplikasi Gratis 2021

 

Baca Juga

Ist

Logitech Jadikan Sync sebagai Perangkat Lunak Berbasis Cloud

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 16:56 WIB
Logitech menjadikan Sync sebagai perangkat lunak berbasis cloud yang memberikan pengalaman komprehensif yang memfasilitasi kegiatan bekerja...
Ist/ilustrasi/thinkstock

Doctor Migrant Hadirkan Layanan Kesehatan Pekerja Migran Indonesia

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 24 Januari 2022, 15:20 WIB
DoctorMigrant menghubungkan jutaan migran Indonesia di pelosok dunia dengan para dokter di Tanah Air agar dapat berkonsultasi dengan bahasa...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Twitter Ditinggalkan Dua Kepala Keamanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 13:02 WIB
Kepergian Zatko dan Rinki Sethi pertama kali dilaporkan oleh The New York Times. Namun, Zatko dan Sethi belum bisa dihubungi untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya