Kamis 22 Juli 2021, 01:30 WIB

Begini Cara Melacak Lokasi dengan Nomor Ponsel

Nur Aivanni | Teknologi
Begini Cara Melacak Lokasi dengan Nomor Ponsel

AFP/Chris Delmas
Penggunaan ponsel

INGIN melacak lokasi seseorang? Kamu bisa melakukannya cukup melalui nomor ponsel. Berikut beberapa cara melacak nomor ponsel dengan mudah.

Pertama, kamu harus membuka WhatsApp Web melalui PC atau komputer terlebih dulu. Kemudian, buka pesan terakhir orang yang ingin kamu lacak posisinya. Jika pesan tersebut sudah beberapa hari yang lalu, kamu sebaiknya berkirim pesan terlebih dahulu dengan orang tersebut.

Setelah membuka pesan terakhirnya, tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, yang kemudian akan masuk ke Task Manager. Lalu, tekan Windows+R secara bersamaan, tepat setelah Task Manager muncul. Kemudian ketika cmd dan tekan Enter.

Ketika muncul command prompt, ketik netstat dan tekan Enter. Catatlah alamat IP yang tercantum pada command prompt tersebut. Kemudian kamu bisa melacak orang yang menjadi target kamu dengan membuka website https://www.ip-adress.com/ip_tracer/, lalu masukkan alamat IP yang sudah kamu dapatkan.

Kedua, menggunakan bantuan Google Maps. Caranya, pastikan kamu terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu. Lalu, buka aplikasi Google Maps. Setelah terbuka, masuk ke menu Option, kemudian masuk ke Friend List, lalu pilih Add Friend. Invite nomor ponsel yang posisinya ingin kamu lacak.

Pastikan nomor ponsel yang jadi target kamu sudah menerima invite atau undangan tadi. Setelah itu, klik pada kontak target yang ingin kamu lacak. Google Maps kemudian akan secara otomatis melacak dan memberitahu keberadaan target yang ingin kamu lacak.

Baca juga : Tips Sukses Menjadi Content Creator Ala Tasya Ell

Ketiga, membuka aplikasi google maps yang ada di ponsel sang target. Entah bagaimana caranya, kamu harus membuka aplikasi google maps di ponsel target. Kemudian, klik tombol menu di pojok kiri atas dan pilih menu lokasi. Saat masuk ke laman bagikan lokasi, klik tombol mulai.

Lalu muncul waktu berbagi lokasi, 'selama 1 jam' atau 'hingga dinonaktifkan', kemudian klik 'lainnya'. Selanjutnya, masukan nomor atau alamat email kamu yang akan digunakan untuk melacak ponsel target, lalu kirim.

Keempat, melacak nomor ponsel tanpa aplikasi. Untuk melacak nomor Telkomsel, adalah dengan membuka menu panggilan dan ketik kode dial up *250#. Nanti, akan muncul pilihan "Lihat/Edit daftar teman", selanjutnya masukan nomor ponsel yang ingin dilacak. Atau, bisa juga dengan mengirim sms dengan format "Teman Nama Nomor", kemudian kirim ke 5200.

Sementara, untuk nomor Indosat, ketika kode dial up *777*6*6#. Nanti, akan muncul pilihan beberapa menu, kamu pilih lokasi keluarga. Atau bisa juga dengan mengirim sms dengan format "CARI NoHP" dan kirim ke 9111.

Adapun untuk nomor XL, ketik kode dial up *123*573*1#. Nanti akan muncul pilihan beberapa menu, kamu pilih lokasi keluarga. Atau bisa juga denan mengirim sms denan format "CARI NoHP" dan kirim ke 9111. (OL-7)

Baca Juga

Dok. CrystalPro

CrystalPro Dukung Pengembangan Blockchain di Indonesia

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 02 Agustus 2021, 22:07 WIB
Cryptocurrency telah resmi dilegalkan oleh Kementerian Perdagangan sebagai salah satu bentuk komoditas sejak 2018 dan diatur oh Badan...
Dok Nokia

Nokia 5.4 Dinobatkan Sebagai Most Secure Android Smartphone

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 08:56 WIB
"Kami mengakui seluruh smartphone Nokia menyertakan pembaruan security patch secara berkala, yang membuat para penggunanya terbebas...
MI/Dok IOC

Snapchat Hadirkan Fitur Khusus Olimpiade

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 06:15 WIB
Selain lensa baru, Snapchatters juga dapat menonton berbagai sorotan dari pertandingan yang ada di Best of Olympics, yang tersedia dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya