Kamis 24 Juni 2021, 22:48 WIB

Nilai Pasar Microsoft Tembus US$2 Triliun 

Insi Nantika Jelita | Teknologi
Nilai Pasar Microsoft Tembus US$2 Triliun 

AFP/Gerrad Julien
Logo Microsoft

PERUSAHAAN teknologi komputer terkemuka, Microsoft (MSFT) telah resmi memasuki klub paling elit dunia dengan nilai pasar melebihi US$2 triliun atau lebih dari Rp28,8 ribu triliun. 

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini merupakan perusahaan publik Amerika kedua, di belakang Apple (AAPL), yang mencapai penilaian seperti itu. Perusahaan minyak Saudi Aramco, yang go public atau penawaran umum perdana/IPO pada 2019, juga telah melewati batas itu, meskipun kapitalisasi pasarnya pada perdagangan Selasa (22/6) adalah US$1,88 triliun.

Kapitalisasi pasar Microsoft mencapai $2 triliun perdagangan Selasa (22/6) dan sahamnya juga dilaporkan naik 1,1% menjadi US$265,51.

Perusahaan itu mencapai sejarah US$2 triliun hanya dalam waktu dua tahun setelah pertama kali tembus nilai kapitalisasi pasar sebesar US$1 triliun. Adanya covid-19 dianggap membantu pasar Microsoft dengan work from home (WFH).Pandemi juga membuat permintaan untuk menggunakan komputer, gaming dan platform komputasi cloud lainnya. 

Saham Microsoft telah naik 64% sejak Maret 2020, ketika pandemi penguncian mulai berlaku di Amerika Serikat. Pada April, Microsoft melaporkan penjualan naik 19% year on year (yoy) menjadi US$ 41,7 miliar.

Baca juga : Hindari Kejahatan Cyber Seluler, Telkomsel Gandeng JagaJaga

"Lebih dari setahun memasuki pandemi, penawaran adopsi digital naik," kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam sebuah pernyataan, Kamis (24/6)

"Kami sedang membangun cloud untuk dekade berikutnya, memperluas pasar kami yang dapat dipasarkan dan dengan adanya pelanggan di setiap penggunaan teknologi membantu kami menjadi tangguh dan bertransformasi," tambahnya.

Nilai pasar perusahaan teknologi Apple pun juga dilaporlan melampaui US$2 triliun pada Agustus lalu, dan saat ini mencapai US$2,24 triliun. Sekarang, Microsoft masuk menjadi dua perusahaan teknologi dengan kapitalis pasar besar. 

Amazon dan Google juga berusaha keras menyusul nilai pasar kedua perusahaan itu. Kapitalisasi pasar Amazon mencapai US$1,77 triliun pada Selasa (22/6) dan perusahaam Google Alphabet mencapai US$1,67 triliun. (CNN/OL-7)

Baca Juga

Ist

Aplikasi Myfitsociety Hadirkan Rangkaian Fitur Kesehatan Mental

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 17:22 WIB
Laporan Global Risks Report 2021 yang diterbitkan World Economic Forum (WEF) menyatakan 80% anak muda di seluruh dunia tercatat...
Ilustrasi/Ist

Startup Transporta Tawarkan Sistem Manajemen Gratis untuk Pengusaha UKM

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:19 WIB
Transporta menghadirkan platform cloud yang terpusat sebagai solusi yang menyeluruh bagi para pengusaha truk dan sektor...
Dok.Qontac

Solusi Penjualan dan Bisnis Tetap Optimal saat WFH

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 10:35 WIB
Berdasarkan survei Mandiri Institute (2021) sebagian besar UMKM di Indonesia telah berpindah ke platform digital untuk memasarkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya