Kamis 08 April 2021, 10:53 WIB

Iphone Jadi Lemot, Apple Diharuskan Bayar Ganti Rugi di Cile

Basuki Eka Purnama | Teknologi
Iphone Jadi Lemot, Apple Diharuskan Bayar Ganti Rugi di Cile

AFP/LOIC VENANCE
Seorang pekerja memperbaiki ponsel iPhone di Nantes, Prancis

 

APPLE sepakat membayar ganti rugi sebesar US$3,4 juta kepada konsumen di CIle dalam gugatan terkait melambatnya kinerja iPhone. Hal itu diungkapkan kuasa hukum pada konsumen iPhone di Cile, Rabu (7/4).

Apple dituding sengaja membuat sejumlah produk mereka memiliki umur yang terbatas sehingga memaksa penggunanya untuk mengganti ponsel mereka secara rutin. Apple juga kalah dalam kasus serupa di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Di Cile, sekitar 150 ribu pengguna iPhone 6, 6Plus, 6s Plus, 7, 7 Plus, dan SE menuntut Apple dengan klaim bahwa performa ponsel mereka menurun setelah melakukan pembaharuan perangkat lunak pada 21 Desember 2017.

Baca juga: Uniphore Raih Pendanaan Seri D Sebesar US$140 Juta

Setiap konsumen akan mendapatkan kompensasi maksimal US$50 (sekitar Rp728 ribu), yang akan dibagi jika ada lebih dari satu klaim pada satu nomor seri, misalnya dalam kasus ponsel bekas.

Pada Desember 2017 lalu, Apple mengakui perangkat lunak iOS sengaja dibuat memperlambat kinerja iPhone versi lama karena baterai ponsel itu melemah.

Kecaman dari para pengguna iPhone memaksa Apple memperbaharui perangkat lunak mereka dan memberikan diskon untuk penggantian baterai.

Pada Maret 2020, Apple sepakat memberi ganti rugi sebesar US$500 juta terhadap gugatan class-action pengguna iPhone di AS, disusul pada November sebesar US$113 juta terhadap gugatan di 30 negara bagian dalam kasus serupa.

Apple juga harus membayar ganti rugi sebesar 25 ribu euro karena tidak memberi tahu pengguna iPhone bahwa pembaharuan perangkat lunak akan membuat ponsel edisi lama melambat kinerjanya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Ist

Teknologi GIS Bantu Pengerjaan Proyek Infrastruktur Lebih Optimal

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 05:56 WIB
Geographic Information System (GIS) adalah sebuah kerangka kerja atau framework untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis...
Ist

Inilah Keuntungan Berdagang di Kontrak Abadi Kripto

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:09 WIB
Perdagangan kontrak kripto, sejatinya memuat apa yang disebut tanggal penyelesaian, yang menjadi tanda berakhirnya kontrak, alias masa...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Bentuk Living Lab Ventures untuk Danai Startup

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 16:02 WIB
Living Lab Ventures dipimpin oleh Mulyawan Gani sebagai Managing Partner dan Bayu Seto sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya