Rabu 27 Januari 2021, 20:44 WIB

7 Punggawa Startup Ini Punya Potensi Kembangkan Ekonomi Digital RI

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
7 Punggawa Startup Ini Punya Potensi Kembangkan Ekonomi Digital RI

Dok. Pribadi
Chief Executive Officer PT. Sagara Asia Teknologi Adi Arriansyah

SELAMA satu dekade terakhir, perkembangan teknologi dan digitalisasi di Indonesia melaju pesat. Pada 2018, di Indonesia sudah tercatat memiliki hampir 1.000 startup. Hingga 2020, jumlah perusahaan teknologi di Indonesia mencapai lebih dari 2.000 startup, dengan 4 unicorn dan 1 decacorn. 

Hampir 70% dari startup yang berdiri dibangun atau perintis anak muda berusia 25 hingga 38 tahun. Artinya, perkembangan teknologi Indonesia punya salah satu tumpu penting pada talenta muda tanah air. Pada 2021, Saqara Tehcnology memprediksi  ada 7 anak muda yang memiliki potensi untuk mengakselerasi pertumbuhan teknologi di Indonesia. 

Pertama, Presiden Direktur Binar Academy Alamanda Shantika Santoso. Wanita 32 tahun yang pernah bekerja di Gojek sebagai Vice President of Product itu merintis sekolah coding Binar Academy dengan konsep akademi tempat anak-anak bisa belajar tentang coding secara gratis.

"Binar Academy adalah sebuah platform yang memfasilitasi perkembangan teknisi teknologi masa depan Indonesia melalui sekolah koding gratis untuk meningkatkan perkembangan programmer di Indonesia. Setahun beroperasi, Binar Academy telah meluluskan 400 murid, dimana sekitar 70 orang saat ini bekerja di korporasi dan startup," tulis Saqara dalam keterangan tertulisnya.

Kedua, Co-Founder dan CTO Sofian Hadiwijaya. Lewat Platformnya, ia mengusung misi untuk memberdayakan warung di Indonesia lewat solusi teknologi. WarungPintar telah membantu lebih dari 47 ribu warung di Indonesia untuk ‘naik level’. Melalui teknologi Warung Pintar, semua proses dimulai dari inventaris, distribusi, transaksi, dan layanan warung menjadi terdigitalisasi.

Ketiga, Pendiri Nusantics Sharlini Eriza Putri, Nusantics menghadirkan inovasi dalam produk gaya hidup bernilai tambah seperti perawatan kulit, perawatan pribadi, makanan, hingga minuman berbasis teknologi mikrobioma yang sustainable.

Baca juga : Aplikasi Saham Permudah Analisis Tren

"Baru-baru ini, perusahaan rintisan Putri ini berhasil mengembangkan dua test kit Covid-19 PCR dengan sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi dalam mendeteksi virus Corona. Generasi pertama alat uji ini pun telah didistribusikan ke 19 provinsi di tanah air," imbus Saqara.

Keempat, pendiri SejutaCita.id Andhika Sudarman. Platform garapannya menyediakan pendidikan inklusif, wadah untuk terinspirasi dan menginspirasi, dan juga mengintegrasikan layanan pendidikan lainnya yang masih sporadis.

Kelima, CEO & Co-Founder Aruna Farid Naufal Aslam. Aruna menjadikan laut sebagai mata pencaharian yang lebih baik bagi semua, dengan memberdayakan nelayan lokal melalui platform yang memfasilitasi perdagangan yang adil dengan pelanggan mereka. Aruna telah beroperasi di seluruh Indonesia, dari Sumatera hingga Papua, dengan memberdayakan lebih dari 15.000 mitra nelayan di 31 titik dan membuka lapangan kerja di desa pesisir. 

Keenam, CEO dan Co-Founder Chat Alia Nadia Amalia. Alia bertujuan untuk menyediakan platform manajemen keuangan pribadi pertama dengan menggunakan Artificial Intelligence. Chat Alia menyediakan pelacakan anggaran otomatis dan rekomendasi keuangan yang dipersonalisasi berdasarkan data untuk membantu Milenial dan Gen Z mencapai tujuan keuangan mereka.

Terakhir, Chief Executive Officer PT. Sagara Asia Teknologi Adi Arriansyah. Lewat perusahaannya, Adi telah membantu ratusan klien dari berbagai korporasi dan startup yang berkontribusi cukup kuat di industri pengembangan teknologi Indonesia. 

Adi melayani berbagai proyek software mulai dari bank ke korporasi besar, startup ke UMKM, dan dari fintech sampai ke marketplace. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Jakarta Camera

Era Digital, Kebutuhan terhadap Fotografi dan Videografi Meningkat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 10:52 WIB
Michael menyebutkan, produk yang paling laku di market selain body kamera dan lensa adalah aksesoris fotografi dan...
Dok. Universal Robots

Otomatisasi Bantu Kurangi Kecelakaan Kerja di Industri Manufaktur

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 20:21 WIB
Hal itu berdasarkan data yang menunjukkan dalam 2 tahun terakhir,  dilaporkan telah terjadi kenaikan kecelakaan kerja yang...
Dok Screen Shoot Klikdokter

Model Tele-Health Ajak Pasien Lebih Efisien Berobat ke Dokter

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 26 Februari 2021, 07:42 WIB
Bermula sebagai portal berita kesehatan yang artikelnya ditulis oleh dokter dan praktisi medis yang bercita-cita untuk memiliki media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya