Senin 25 Januari 2021, 01:35 WIB

Lima Video Game Terlaris selama Pandemi 2020

Mediaindonesia.com | Teknologi
Lima Video Game Terlaris selama Pandemi 2020

AFP/Philip Fong
Karakter dari video game seri Animal Crossing di toko Nintendo di Tokyo.

PANDEMI covid-19 membatasi pergerakan manusia di seluruh dunia. Mayoritas penduduk dunia lebih banyak beraktivitas di rumah selama setahun terakhir. Ekonomi banyak negara tumbuh minus, sebagian perusahaan gulung tikar sehingga pengangguran melonjak, dan tentu tidak sedikit yang memenuhi rumah sakit karena terkena covid-19.

Manusia terkunci dalam lockdown sehingga tidak bisa melakukan perjalanan ke luar kota, liburan ke tempat wisata, atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar seperti dulu kala. Di balik kesulitan itu, produsen video game meraih berkah dengan menghibur dunia yang terbatas selama pandemi. Berikut sejumlah gim video yang paling digemari selama pandemi.

Animal Crossing

Tidak ada musuh atau persaingan dalam Animal Crossing: New Horizons yang keluar pada Maret untuk konsol Switch Nintendo. Sebaliknya, gim ini mengajak para pemain menjelajahi suatu pulau, mengumpulkan buah, membuat perkakas dan furnitur, serta berdagang dengan orang lain seiring perubahan musim secara perlahan.

Versi gim itu berhasil memikat para pemain yang haus untuk hiburan. Tengok saja, gim itu mencetak penjualan tertinggi di Amerika Serikat pada Maret 2020 dan sejumlah negara lain. Menurut GfK, gim itu pun menduduki posisi nomor dua di Eropa untuk 2020 secara keseluruhan.

"Keberhasilan besar Animal Crossing dijelaskan oleh dua faktor yaitu tren yang mendasari terkait permainan keluarga dan pengaruh jangka pendek dari pengurungan (lockdown)," kata Nicolas Vignolles, Kepala Asosiasi Penerbit Video Game Prancis, SELL.

Dia mengatakan para orangtua tiba-tiba dihadapkan pada pengurungan dengan anak-anak mereka melihat video game untuk menemukan pilihan hiburan keluarga. "Animal Crossing ialah permainan yang ideal untuk interaksi orangtua dengan anak," tuturnya.

Kepala Nintendo di Prancis, Philippe Lavoue, mengakui waktu perusahaan merilis gim tersebut tepat saat banyak orang membutuhkan pelarian. "Tapi kami senang telah membantu orang-orang yang terkurung agar merasa tidak terlalu kesepian dan melarikan diri secara mental," katanya kepada surat kabar Prancis Le Figaro.

Among Us

Kesuksesan Among Us pada 2020 merupakan kejutan besar bagi industri ini karena judul tersebut tidak banyak menarik perhatian saat pertama kali dirilis pada 2018.
Tetapi pengembangnya di studio AS Innersloth terus menyempurnakan konsep mereka, yang terbayar ketika beberapa streamer gim terkemuka di Twitch mulai memainkannya di platform pada pertengahan 2020.

Pada November, gim tersebut memiliki setengah miliar pemain, menurut Superdata, yang memantau industri tersebut. Gim multipemain online itu berlatar di pesawat luar angkasa. Beberapa dari kru ternyata penipu yang ingin membunuh atau setidaknya menghadang kru lain menjalankan tugas yang diberikan.

Popularitas permainan itu bahkan diikuti para anggota parlemen AS yang bergabung dalam pertandingan dan disiarkan di Twitch dalam upaya untuk menjangkau pemilih muda pada tahun lalu. Bagi penerbit gim Prancis, Nicolas Vignolles, pertukaran antar pemainlah yang memengaruhi popularitas gim tersebut.

"Among Us merupakan persimpangan antara jejaring sosial dan video game," katanya. Ia mencatat bahwa hampir satu dari dua pemain gim di Prancis mengatakan bahwa video game membantu mereka menciptakan hubungan sosial.

"Itu tidak ada sebelumnya. Tren itu telah dipercepat dengan pengurungan," kata Vignolles.

Ring Fit Adventure

Jika berolahraga dan bermain video game biasanya merupakan dua aktivitas yang kontradiktif, Ring Fit Adventure menyatukan keduanya. Gim ini bekerja dengan konsol Switch yang pengontrolnya ditempatkan dalam cincin Pilates dan tali kaki.

Setelah diperlengkapi, pemain dapat melawan monster atau dipandu melalui rutinitas kebugaran oleh televisi. Penutupan gym akibat lockdown memicu lonjakan penjualan sehingga menyebabkan kekurangan stok pada tahun lalu setelah konsumen memborong empat juta unit antara Oktober 2019 dan Juli 2020.

FIFA 2021

Penghentian banyak pertandingan sepak bola dan penundaan kejuaraan Euro mungkin telah memicu minat para penggemar untuk bermain secara virtual. Menurut GfK, FIFA 2021 dari Electronic Arts menjadi video game terlaris 2020.

Permainan kartu dan papan

Jika papan catur dan kartu lebih sering menghiasi meja di banyak rumah selama penguncian, versi permainan video mereka juga bernasib sama. Tandanya yaitu kumpulan gim papan klasik untuk Switch berada di antara penjualan teratas untuk konsol di Prancis tahun lalu, kata Nintendo kepada Le Figaro.

"Pelajaran besar dari pengurungan yaitu stigma gim yang dapat menyebabkan orang menarik diri dan menjadi terisolasi terpatahkan," kata Nicolas Vignolles. "Gim ternyata menjadi penawar yang sangat efektif untuk isolasi." (AFP/OL-14)

Baca Juga

dok.mi

Teknologi STAL Disebut Sebagai Solusi Atas Permintaan Tesla

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 22:16 WIB
 INDONESIA membutuhkan teknologi pengolahan nikel yang berfokus pada aspek ESG, seperti teknologi hidrometalurgi Step Temperature Acid...
Dok.umma

Ajak Umat Muslim Indonesia Upgrade Iman selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 12:35 WIB
Hanya di bulan itulah, semua amal ibadah kita dilipatgandakan...
Dok. Tokopedia

Tokopedia Masuk Daftar Deloitte Technology Fast 500

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Peringkat ini didasarkan pada persentase pertumbuhan pendapatan selama tiga tahun. Tokopedia tumbuh 608% selama periode...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya