Selasa 21 Maret 2023, 18:26 WIB

FIFA Diminta Contoh IOC Untuk Piala Dunia U-20

Akmal Fauzi | Sepak Bola
FIFA Diminta Contoh IOC Untuk Piala Dunia U-20

Antara/Maulana Surya
Ketum PSSI Erick Thohir memantau kesiapan Stadion Manahan Solo di Jawa Tengah, Minggu (12/3/2023)

 

PENGAMAT olahraga Fritz Simanjuntak mengatakan FIFA selaku federasi sepak bola Internasional bisa mencontoh International Olympic Committee (IOC) dalam memperlakukan Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20.

Fritz mengungkapkan, FIFA dapat membantu Indonesia agar tidak melanggar aturan larangan mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel di Indonesia dengan mencontoh yang dilakukan IOC saat pelaksanaan Olimpiade.

Di Olimpiade Tokyo 2020 atlet-atlet Rusia tetap diperbolehkan bertanding. Padahal Rusia sedang kena sanksi akibat kasus doping. Tetapi IOC tidak mengibarkan bendera Rusia maupun lagi kebangsaan dan menggantinya dengan bendera NOC Rusia (ROC).

Baca juga: Erick Harap FIFA Terus Bantu Kemajuan Sepakbola Indonesia

"FIFA bisa melakukan seperti IOC memperlakukan atlet Rusia. Jika ini dilakukan maka ini akan sangat membantu Indonesia selaku tuan rumah penyelenggara dimana semua kewenangan mengenai peserta ada pada FIFA. Sejauh ini FIFA sudah banyak membantu dengan melakukan review sejumlah stadion yang akan digunakan Piala Dunia U-20," kata Fritz, Selasa (21/3)

Lebih lanjut, Fritz mengungkapkan, Piala Dunia U-20 ini momentum Indonesia melakukan Rebranding The Nation. “Jika kita bisa menggelar (Piala Dunia U20) dengan baik, termasuk menerima Timnas Israel bertanding, ini akan menegaskan Indonesia adalah negara yang damai, nyaman, toleransi dan tidak diskriminasi," ujarnya.

Baca juga: Shin Harap Pemain Timnas U-20 tidak Puasa Saat TC Piala Dunia U-20

Fritz menambahkan, Multiplier effect dari tuan rumah Piala Dunia U-20 yakni akan banyak turis asing yang masuk ke Indonesia. "Bagus untuk investasi dan kita bisa bidding untuk event yang lebih besar seperti Piala Dunia maupun Olimpiade di masa mendatang,"kata dia.

Untuk masalah Israel, Fritz menyebut bukan suatu yang baru. Ada atlet bulu tangkis Israel pernah main di Istora di kejuaraan dunia 2015. Bahkan di luar olahraga pada tahun 1993, Presiden Soeharto pernah menerima Perdana Menteri Israel di kediamannya saat itu dalam upaya menjalin hubungan.

"Tetapi masalah Israel kita serahkan ke FIFA, Mereka yang punya wewenang. Kita tidak punya hubungan diplomatik, Kita fokus mempersiapkan Piala Dunia U-20 ini bisa berlangsung dengan baik, aman dan nyaman," kata Fritz. (Z-10)

Baca Juga

AFP/Carlos Costa

Konsistensi Napoli Bakal Diuji Real Madrid

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 02 Oktober 2023, 19:24 WIB
Momentum didapat skuad asuhan pelatih Rudi Garcia yang menemukan kembali performa Napoli jelang menjamu El...
AFP

Valencia Dihajar Real Betis Tiga Gol tanpa Balas

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 02 Oktober 2023, 06:50 WIB
Valencia terus mencatatkan hasil buruk di La Liga. Dalam lawatannya ke kandang Real betis, anak-anak asuh Ruben Baraja dibantai dengan skor...
AFP

Sempat Tertinggal Dua Gol, Atletico Madrid Akhirnya Bungkam Cadiz

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 02 Oktober 2023, 06:26 WIB
Drama tersaji di laga antara Atletico Madrid kontra Cadiz pada pekan kedelapan La Liga. Klub ibu kota menang dengan skor 3-2 setelah lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya