Selasa 14 Maret 2023, 06:11 WIB

Renovasi Gelora Bung Tomo Memuaskan

Budi Ernanto | Sepak Bola
Renovasi Gelora Bung Tomo Memuaskan

ANTARA/MOCH ASIM
Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

 

KETUA Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC) Erick Thohir mengaku puas dengan progres pengerjaan insfrastruktur di Surabaya, Jawa Timur buat kepentingan Piala Dunia U-20 2023. 

Dia juga memuji Stadion Gelora Bung Tomo yang menurutnya menjadi salah satu arena terbaik di Tanah Air. "Renovasi lapangan sepak bolanya maksimal, begitu pula infrastruktur pendukungnya. Fasilitasnya Ini bentuk keseriusan luar biasa. Terima kasih Pak Wali Kota (Surabaya, Eri Cahyadi),” kata Erick dalam kunjungannya ke Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin (13/3).

“Kita sekarang bisa bersyukur di luar Jakarta punya fasilitas bagus berstandar internasional. Hal ini menunjukkan pembangunan tidak hanya terpusat di Jakarta, tetapi juga daerah-daerah lain,” ucap Erick lagi.

Baca juga: PSSI Tegaskan Gelora Bung Tomo Layak Gelar Laga Internasional

Di antara 6 venue Piala Dunia U-20, Surabaya mendapat nilai bagus dari FIFA dalam verifikasi sebelumnya. Konsentrasi utama Pemkot ialah meningkatkan standar kualitas Gelora Bung Tomo sesuai regulasi FIFA untuk jangka panjang.

“Kalau Jawa Timur bisa, daerah lain juga bisa. Kita harus serius berkaitan dengan infrastruktur, FIFA tak segan mengurangi dua stadion. Kita harus mempersiapkan semua secara maksimal agar hal-hal yang tak diinginkan terjadi,” papar Erick.

Baca juga: Stadion Manahan Siap Gelar Piala Dunia U-20

Stadion Gelora Bung Tomo memiliki kapasitas 45 ribu penonton dan terbesar di Jawa Timur. Stadion dengan anggaran Rp100 miliar itu didirikan pada 1 Januari 2008 dan dibuka pada 6 Agustus 2010. 

Gelora Bung Tomo rutin menghelat laga-laga kompetisi domestik yang melibatkan Persebaya Surabaya dan stadion tersebut kerap dipakai buat pertandingan timnas Indonesia berbagai level saat bertanding di luar Jakarta. Terakhir, Timnas U-20 Indonesia menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Selain Gelora Bung Tomo, Piala Dunia nanti juga akan berlangsung di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung, Jawa Barat), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang, Sumatra Selatan), Stadion Manahan (Solo, Jawa Tengah), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). (Z-6)

Baca Juga

AFP

Muenchen Pecat Nagelsmann, Tuchel Jadi Incaran

👤Widhoroso 🕔Jumat 24 Maret 2023, 20:48 WIB
BAYERN Muenchen dilaporkan telah memecat pelatih Julian Nagelsmann di tengah upaya untuk meraih gelar Bundesliga musim...
DOK.MUHAMMADIYAH

Muhammadiyah Jateng Dukung Sikap Ganjar Tolak Israel di Piala Dunia U-20

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 20:45 WIB
AM Jumai menilai ajang internasional apapun, termasuk gelaran turnamen sepak bola semestinya sejalan antara penyelenggaraannya dan ideologi...
FIFA

FIFA Rilis Lagu Resmi Piala Dunia U-20 Glorious, Gandeng Weird Genius

👤 Zubaedah Hanum 🕔Jumat 24 Maret 2023, 20:30 WIB
FIFA meluncurkan preview lagu resmi yang akan mengiringi sepanjang turnamen Piala Dunia U-20 berjudul "Glorious." Lagu ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya