Kamis 12 Januari 2023, 14:45 WIB

Kebangkitan Si Nyonya Tua Bakal Diuji Napoli

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Kebangkitan Si Nyonya Tua Bakal Diuji Napoli

Isabella BONOTTO / AFP
Para pemain Juventus melakukan selebrasi usai pertandingan melawan Udinese di Turin, Italia.

 

JUVENTUS akan menjalani ujian terberatnya dalam persaingan gelar juara Serie A musim 2022-2023 akhir pekan ini. Si Nyonya Tua--julukan Juventus-- yang sedang dalam tren positif akan bertandang ke markas Napoli, kandidat kuat peraih Scudetto musim ini pada pekan ke-18 Serie A di Stadion Diego Armando Maradona, Sabtu (14/1) dini hari WIB.

Tertinggal tujuh poin di posisi kedua, Juventus telah bangkit kembali dari awal musim yang buruk. Mereka menjadi salah satu penantang untuk menghentikan upaya Napoli meraih Scudetto pertama mereka sejak musim 1989-1990 di era Diego Maradona.

Tersingkir dari Liga Champions musim ini di fase grup dan terlibat dalam skandal manipulasi keuangan, pelatih Massimiliano Allegri telah memimpin timnya masuk dalam perburuan gelar Serie A. Sejak kalah dari AC Milan di pekan kesembilan Oktober 2022 lalu, Juventus terus merangsek ke papan atas klasemen dengan meraih delapan kemenangan berturut-turut.

Yang lebih mengesankan lagi, Juventus tidak kebobolan satu gol pun dari delapan kemenangan beruntun mereka. Hal itu menunjukan lini pertahanan Juventus begitu kuat. Ditambah lagi, beberapa pemain kunci telah kembali dari cedera.

Striker Dusan Vlahovic yang mengalami cedera adductor telah kembali dalam sesi latihan bersama skuat di Rabu (11/1) waktu setempat. Arkadiusz Milik dan Moise Kean juga terbukti lebih dari pemain pengganti di lini depan dan diapit pemain sayap Federico Chiesa dan Angel Di Maria.

Namun, pelatih Massimiliano Allegri tidak ingin menempatkan pemainnya di bawah tekanan. Menurutnya, menghadapi skuad asuhan Luciano Spaletti yang menjadj favorit juara adalah ujian konsistensi timnya yang ingin terus bersaing meraih gelar Scudetto musim ini.

Baca juga: Pemilik Everton Tegaskan Dukungan untuk Lampard

“Ini akan menjadi malam yang indah. Selalu menyenangkan bermain di Naples dan kami akan menemukan stadion yang penuh. Napoli adalah favorit untuk Scudetto. Kami harus menjaga (konsistensi) apa yang telah dilakukan dalam beberapa pertandingan terakhir," kats Allegri.

Kekuatan lini pertahanan Juventus akan mendapat ancama serangan Napoli lewat Victor Osimhen, pencetak gol terbanyak dengan 10 gol di Stadion Maradona yang akan dipenuhi pendukung tuan rumah.

Napoli kokoh di puncak klasemen sementara Serie A musim ini dengan poin 44 dari 17 pertandingan. Pada pekan ke-16 mereka menelan kekalahan untuk pertama kalinya musim ini usai ditaklukan Inter Milan 0-1.

Namun akhir pekan kemarin, Il Partenopei--julukan Napoli-- sukses membungkam tuan rumah Sampdoria dua gol tanpa balas. Hasil itu membuat Napoli kembali dalam tren positif untuk menyambut kedatangan Juventus.

"Juventus tim terberat untuk dihadapi, bersama Inter dan Milan. Mereka salah satu tim terbaik di liga ini, atas dasar pemain yang mereka miliki, pelatih, dan kekuatan klub itu," kata Luciano Spalletti.

Spalletti menunjukkan respek pada calon lawan. Namun, ia juga memuji mentalitas pemainnya yang terus memperlihatkan kedewasaan dalam bermain.

"Saya melihat skuad yang matang, yang mampu berpikir dengan hati-hati dalam pertandingan yang bisa saja menjadi rumit, jika kami terlalu emosional saat bereaksi," kata Spalletti. (AFP/Footballitalia/OL-4)

Baca Juga

AFP/Giuseppe CACACE

Darmian Perpanjang Kontrak di Inter Milan hingga 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:56 WIB
Pengumuman ini hadir hanya 48 jam setelah Darmian mencetak gol penentu kemenangan pada pertandingan perempat final melawan Atalanta, yang...
AFP/Sylvain THOMAS

Mbappe Absen Bela PSG Saat Hadapi Bayern Muenchen

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:21 WIB
KYLIAN Mbappe harus menepi selama tiga pekan setelah mengalami cedera otot...
AFP

Gagal Ke PSG, Ziyech Kembali Berlatih Bersama Chelsea

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:54 WIB
KAGAGALAN pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) dari Chelsea, menimbulkan kekecewaan besar pada diri Hakim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya