Minggu 08 Januari 2023, 19:38 WIB

Skuad Garuda Incar Kemenangan di Kandang Lawan

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Skuad Garuda Incar Kemenangan di Kandang Lawan

MI/Briyanbodo Hendro
Pemain timnas Indonesia berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

PELATIH timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa timnya mengincar kemenangan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh Hanoi pada Senin (9/1) besok. 

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang tanpa gol di leg pertama yang digelar di Jakarta. Aturan gol kandang-tandang yang diterapkan di turnamen ini, sebenarnya cukup bagi skuad Garuda untuk meraih hasil seri, dengan mencetak gol untuk lolos ke final.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan sudah menyiapkan strategi untuk meraih kemenangan di waktu normal 90 menit. "Kedua tim sama saja pastinya akan mempersiapkan final," pungkas Shin dalam konferensi pers, Minggu (8/1).

Baca juga: Ditahan Vietnam, Timnas Indonesia Hadapi Tugas Sulit Di Hanoi

"Kami juga tidak akan berpikir mau seri, 1% pun tidak ada. Jadi, kami akan memikirkan final dan menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit," imbuhnya.

Timnas Indonesia akan lolos, jika bermain imbang 1-1, 2-2 dan seterusnya. Apabila skor tetap imbang 0-0 hingga babak perpanjangan waktu selesai, maka penentuan tim mana yang lolos harus melalui adu penalti.

"Para pemain bertekad untuk menang. Itu keuntungan yang kami miliki. Saya rasa Indonesia tidak memiliki kerugian di pertandingan besok," tutur Shin.

Shin mengakui timnas Vietnam memiliki organisasi pertahanan yang baik. Hasil semifinal leg pertama di Jakarta memperpanjang rekor tim berjuluk Prajurit Bintang Emas, tidak kebobolan di Piala AFF 2022 hingga saat ini. Namun, Shin percaya diri bahwa kualitas timnya sudah setara dengan lawannya tersebut.

Baca juga: Kapten Timnas Filipina Akhiri Karier Usai Lawan Indonesia di Piala AFF

Pun, sejumlah pemain timnas Indonesia juga dalam kondisi bugar untuk mewujudkan keinginan sang pelatih. Dendy Sulistyawan dkk sangat termotivasi untuk menundukkan Vietnam di rumahnya sendiri.

Di lain sisi, pelatih timnas Vietnam Park Hang-seo ingin para pemainnya bisa mencetak gol ke gawang Indonesia. Dalam hal ini, tidak peduli apakah gol itu tercipta pada babak pertama atau kedua.

"Tidak masalah apakah gol itu di babak pertama atau babak kedua. Penting untuk memiliki peluang menang. Saya selalu meminta pemain untuk mencoba mencetak gol, memanfaatkan setiap peluang," kata Park Hang-seo.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP/BEN STANSALL

Graham Potter Butuh Waktu Padukan Skuad Mahal Chelsea

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:40 WIB
Manajer Chelsea Graham Potter meminta waktu untuk menyatukan bintang barunya setelah The Blues ditahan imbang 0-0 di kandang oleh Fulham,...
MI/Seno

Cinta Mati Kane kepada Spurs

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 07:10 WIB
PENALTI bagi kesebelasan Inggris seperti sebuah kutukan. Perjalanan St George Cross ke puncak tertinggi selalu tersandung oleh...
AFP

Ten Hag Enggan Berkomentar Soal Masa Depan Greenwood

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:57 WIB
PELATIH Manchester United, Erik ten Hag enggan memberikan komentar terhadap masa depan Mason...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya