Jumat 06 Januari 2023, 15:46 WIB

Menang atas Chelsea, City Dekati Arsenal Lagi

Dhika kusuma Winata | Sepak Bola
Menang atas Chelsea, City Dekati Arsenal Lagi

Glyn KIRK / IKIMAGES / AFP
Riyad Mahrez mencetak gol ke gawang Chelsea dalam pertandingan lanjutan liga primer inggris, dini hari tadi.

 

MANCHESTER City mendekati lagi Arsenal di klasemen Liga Primer Inggris usai membekuk Chelsea 1-0 di Stamford Brigde, Jumat (6/1) dini hari. Perubahan taktik yang moncer diiringi keunggulan kualitas pemain di bangku cadangan menjadi pembeda bagi the Citizens.

Sempat bermain di bawah standar di babak pertama, skuad asuhan Pep Guardiola tampil lebih menggigit di paruh kedua. Hasilnya, gol dicetak Riyad Mahrez memanfaatkan assist Jack Grealish di menit ke-63 memecah kebuntuan sekaligus menjadi pengunci kemenangan.

Mahrez dan Grealish baru diturunkan Guardiola di babak kedua tepat tiga menit sebelum gol tercipta. Guardiola juga berani menurunkan Rico Lewis yang beroperasi di sisi kanan. Kehadiran anak muda berusia 18 tahun dipuji menampilkan kualitas apik dan membuat permainan City dinamis.

"Semua orang bisa melihat dari menit pertama babak kedua, itu adalah Manchester City yang berbeda," ujar Guardiola.

"Dinamika yang dibawa Rico ini membantu setiap orang untuk mendapatkan kebebasannya. Dia mengubah permainan sejak turun," imbuh pelatih berkebangsaan Spanyol itu.

Laga di Stamford Bridge berlangsung sengit pada awal-awal namun City mendominasi penguasaan bola meski hanya menciptakan sedikit ancaman.

Setelah berkonsultasi dengan staf pelatih Rodolfo Borrell dan Enzo Maresca, Guardiola merasa perlu melakukan pergantian pemain lebih awal untuk mengubah momentum permainan.

"Semua manajer mencoba membuat keputusan untuk membantu tim. Terkadang Anda kalah tetapi tim bermain bagus dan mengapa saya harus merubahnya ketika saya merasa mereka melakukannya dengan baik?," ungkapnya.

Baca juga: Potter Bungkam Soal Target Chelsea di Bursa Transfer Januari

Kemenangan itu membuat City sekarang kembali mengejar Arsenal dengan selisih lima poin. Sebelumnya, Arsenal hanya berbagi angka dengan Newcastle United.

Bagi Chelsea, kekalahan tersebut mereka tercecer ke peringkat 10 klasemen. Dalam delapan pertandingan di liga, Chelsea hanya memetik satu kemenangan dan mereka terpaut 10 poin dari zona empat besar.

Skuad asuhan Graham Potter merana di tengah badai cedera. Raheem Sterling hanya sempat bermain lima menit lalu terpaksa ditarik setelah menderita cedera hamstring digantikan Pierre-Emerick Aubameyang. Christian Pulisic juga ditarik keluar di menit ke-22.

Di laga itu, Potter tanpa sederet pemain penting termasuk Mason Mount, Reece James, Ben Chilwell, dan N'Golo Kante.

Potter sempat melakukan perubahan termasuk memasukkan Conor Gallagher namun tak mampu menemukan gol penyeimbang meski menekan di menit-menit akhir.

"Saat ini sulit dan tentu saja tidak membuatnya lebih mudah. Saya merasakan hal sama dengan para pemain tentu saja karena ini tetapi kami harus tetap bersatu," ujar Potter.

"Sangat mengecewakan kehilangan pemain di lapangan sejak awal tetapi para pemain yang masuk dari cadangan memberikan segalanya dan hanya itu yang bisa saya minta," tukasnya.(AFP/OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Dhemas Reviyanto

Erick Thohir Punya Rekam Jejak yang Dibutuhkan PSSI

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 08:15 WIB
"Erick sudah malang melintang dalam dunia sepak bola internasional ataupun...
MI/Reza Sunarya

LaNyalla Janjikan Rp1 Miliar untuk Tiap Asprov Jika Terpilih Jadi Ketua PSSI

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:15 WIB
Ketua DPD RI itu menegaskan dana sokongan tersebut hanya diberikan tanpa syarat pada tahun pertama dirinya menjabat sebagai ketua umum PSSI...
AFP/Darren Staples dan Lindsey Parnaby

Ten Hag Tegaskan Tetap Dukung Martial dan Weghorst

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:45 WIB
Ten Hag menyukai gaya permainan Martial dan ingin memberikan kesempatan bagi penyerang berusia 27 tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya