Rabu 28 Desember 2022, 19:31 WIB

Hadapi Thailand, Shin Tae-yong Ingin Hapus Rekor Minor RI

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Hadapi Thailand, Shin Tae-yong Ingin Hapus Rekor Minor RI

Antara
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan pengarahan.

 

PARTAI ketiga Grup A Piala AFF 2022 di mana timnas Indonesia akan melawan timnas Thailand pada Kamis (29/12) sore, akan menjadi laga krusial yang amat dinantikan publik sepak bola Tanah Air. 

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan pihaknya pantang surut dan optimistis skuad Garuda bisa memberi hasil terbaik. Sejak menangani timnas, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu belum pernah mempersembahkan kemenangan saat menghadapi Thailand. 

Di era kepelatihannya, skuad Garuda hanya mendulang dua hasil imbang dan dua kali kalah. Tercatat, Indonesia imbang melawan Thailand pada kualifikasi Piala Dunia pada Juni 2021. 

Baca juga: Thailand Tidak Gentar Hadapi Indonesia Di SUGBK

Kemudian, menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang pada dua leg final AFF edisi 2020 yang digelar awal tahun ini. Shin juga belum mampu mengantarkan kemenangan ketika tim U-23 takluk dari Thailand di semifinal SEA Games Vietnam. 

"Setelah menjabat sebagai pelatih kepala, memang (timnas Indonesia) tidak pernah menang melawan Thailand. Dua kali seri, dua kali kalah. Tetapi, sebelumnya tidak dapat mengontrol timnas dengan baik, karena ada faktor lain (pandemi), situasinya kurang mendukung," jelasnya, Rabu (28/12).

"Sekarang sudah hampir satu tahun lebih normal, bisa mengontrol tim dengan baik. Sekarang, tim juga lebih baik dalam hal kekompakan dan pemain. Jadi, saya bisa tegaskan masyarakat boleh percaya dengan timnas Indonesia saat ini," imbuh Shin.

Pada klasemen Grup A, Thailand sementara memimpin hanya berselisih gol dengan Indonesia, yang sama-sama mengemas enam poin berkat dua kemenangan. Oleh karena itu, kemenangan bakal krusial untuk memastikan jalan ke semifinal.

Baca juga: Piala AFF 2022: Rotasi Skuad Garuda Demi Hibur Suporter

Shin meminta pemain agar fokus dan tidak tegang. Mengingat, ekspektasi besar dari publik sepak bola Tanah Air. Shin juga menjanjikan timnas Indonesia akan memberikan penampilan yang bisa dinikmati.

"Pertandingan ini sangat penting di Grup A dan para pemain pun pikirannya sama. Saya tegaskan supaya menampilkan permainan yang bisa dinikmati. Melakukan pengorbanan untuk tim daripada terlalu tegang," tutur dia.

"Saya tegaskan juga kepada para pemain untuk bisa lebih fokus pertandingan. Dengan begitu bisa menunjukkan permainan yang baik daripada sebelumnya," sambung Shin.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP/Paul Ellis

Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Terhenti Di Goodison Park

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:27 WIB
CATATAN tak terkalahkan Arsenal dalam 13 laga terakhir di Liga Primer Inggris terhenti di Goodison Park, Sabtu...
Twitter

Ditahan Fulham, Skuat Ratusan Juta Pound Chelsea Jadi Bahan Olok-Olok

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:43 WIB
UANG ratusan juta pound yang digelontorkan Chelsea untuk mendatangkan pemain-pemain baru di bursa transfer musim dingin ternyata belum bisa...
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

PSM menang tipis 1-0 atas Arema setelah jalani Laga Keras

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:38 WIB
Gol semata wayang pada laga tersebut dibukukan penyerang asal Jepang Kenzo Nambu pada menit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya