Rabu 30 November 2022, 13:32 WIB

Spanyol Bidik Juara Grup

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Spanyol Bidik Juara Grup

AFP/ODD ANDERSEN
Pemain Timnas Spanyol Alvaro Morata mengambil bola

 

EMPAT tim di Grup E Piala Dunia 2022 masih terbuka untuk lolos ke babak 16 besar. Spanyol yang pada laga pamungkas melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12) dini hari, membidik kemenangan demi merebut tiket sekaligus posisi juara grup.

Skuad La Roja yang mengemas empat poin atau selisih satu angka dari Jepang paling tidak membutuhkan hasil imbang untuk menggaransi tempat ke fase berikutnya. Adapun kemenangan akan menjamin mereka finis di posisi teratas grup.

Sang pelatih Luis Enrique menyebut timnya menghadapi 'tantangan yang indah' karena Spanyol bisa menentukan nasib sendiri tanpa menggantungkan hasil laga lain antara Jerman dan Kosta Rika.

Meski begitu, Enrique tetap mewaspadai potensi kejutan yang berpeluang ditampilkan Jepang.

Andaikata Spanyol finis di puncak grup lalu melewati babak 16 besar, di perempat mereka berpotensi bersua dengan juara favorit Brasil. La Roja menjanjikan tetap membidik kemenangan dari Jepang dan tak akan menghindari kemungkinan bertemu Brasil.

"Satu-satunya strategi adalah keluar dan menang melawan Jepang," kata pemain Spanyol Koke.

"Kami akan lihat apakah kami akan menghadapi Brasil atau tidak. Kami tidak takut pada siapa pun dan kami menghormati semuanya," imbuh gelandang Atletico Madrid itu.

Spanyol dan Jepang tak pernah bertemu di turnamen kompetitif. Satu-satunya laga kedua tim pada pertandingan persahabatan 2001 silam yang dimenangi La Roja dengan skor tipis 1-0.

Baca juga: Carvajal Tuntut Spanyol Kalahkan Jepang di Laga Pamungkas Grup

Jepang wajib menang jika ingin mengamankan posisi ke 16 besar. Pelatih Hajime Moriyasu menegaskan anak asuhnya percaya diri dan tak mau gentar menghadapi Spanyol yang dihuni banyak talenta muda cemerlang. Skuad Samurai Biru tetap mematok lolos dari grup neraka itu demi mencapai target besar ke perempat final.

"Tentu saja Spanyol akan sulit tapi ada peluang bagus bagi kami untuk menang. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik dan akan menghadapi pertandingan dengan percaya diri," ujar Moriyasu.(AFP/OL-5)

Baca Juga

DOK pribadi.

Ratusan Pemain Sepak Bola Usia Dini Ikut Fun Skill Challenges

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:35 WIB
Sebanyak 525 pemain dari 110 tim usia 10-13 tahun mengikuti Fun Skill Challenges di event Tays Bakers Barati Grassroot Football Fest...
Twitter @pagarhijaumnhn

Persita Sanksi Pelaku Penyerangan Bus Persis Solo

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:20 WIB
Pihak manajemen, panpel dan kepolisian disebut terus mengawal kejadian pelemparan bus tim Persis...
Antara

Jelang KLB PSSI, Erick Himpun Masukan Stakeholder Sepak Bola

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:47 WIB
Dari berbagai masukan itulah, Erick memandang, Ketua Umum PSSI terpilih nanti dapat meramu kebijakan yang tepat dan tajam langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya