Rabu 23 November 2022, 21:15 WIB

Protes Soal Ban Kapten, Pemain Jerman Tutup Mulut Dengan Tangan

Widhoroso | Sepak Bola
Protes Soal Ban Kapten, Pemain Jerman Tutup Mulut Dengan Tangan

AFP/Ina Fassbender
Pemain Jerman dengan cara menutup mulut dengan tangan saat sesi foto sebelum laga melawan Jepang di penyisihan Grup E, Rabu (23/11).

 

PARA pemain Jerman melakukan aksi protes terhadap keputusan FIFA yang melarang pemakaian ban kapten bermotif pelangi di Piala Dunia 2022 Qatar. Protes dilakukan pemain Jerman dengan cara menutup mulut dengan tangan saat sesi foto sebelum laga melawan Jepang di penyisihan Grup E, Rabu (23/11).

Jelang laga melawan Jepang, banyak yang menantikan apakah kapten timnas Jerman, Manuel Neuer menggunakan ban kapten pelangi 'OneLove' yang merupakan simbol penentangan terhadap hukum di Qatar yang melarang LGBT. Namun, kiper utama timnas Jerman itu akhirnya tidak menggunakan ban kapten yang memunculkan kontroversi tersebut.

Sebelumnya, tujuh negara termasuk Jerman dan Inggris, membatalkan rencana penggunaan ban kapten OneLove. Hal itu dilakukan setelah adanya ancaman FIFA bagi tim dan kapten kesebelasan yang mengenakan ban kapten tersebut.

Federasi Sepak Bola Jerman, DFB, dalam akun twitternya menyebut, apa yang dilakukan pemain Jerman dengan menutup mulut saat sesi foto bukanlah sebuah pernyataan politik.

"Ini bukan tentang membuat pernyataan politik. Hak asasi manusia tidak dapat dinegosiasikan. Menolak ban kapten sama dengan menolak suara kami. Kami berdiri di posisi kami," tulis DFB.

Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser, yang akan menghadiri pertandingan tersebut, mengatakan larangan FIFA terkait penggunaan ban kapten OneLove adalah kesalahan besar. (AFP/OL-15)

Baca Juga

François-Xavier MARIT / AFP

Modric: Sebuah Keajaiban Mampu Bangkit dari Ketertinggalan

👤Dhika kusuma winata 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:39 WIB
Sepakan penalti Mario Pasalic mengunci kemenangan Kroasia setelah kiper Dominik Livakovic sukses menggagalkan tiga eksekutor...
AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA

Ronaldo Dilaporkan Jalin Pembicaraan dengan Klub Arab Saudi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:30 WIB
Jika bergabung dengan Al-Nassr, peraih lima Ballon d'Or itu akan bergabung dengan penjaga gawang Kolombia David Ospina dan gelandang...
AFP/JOHANNES EISELE

Labbadia Kembali Tukangi Stuttgart

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:15 WIB
Stuttgart kini menduduki peringkat 16 di klasemen sementara Bundesliga dengan hanya meraih tiga kemenangan pada musim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya