Rabu 23 November 2022, 15:45 WIB

Lini Serang Tim Samba Menebar Ancaman

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Lini Serang Tim Samba Menebar Ancaman

AFP/ NELSON ALMEIDA
Pemain Timnas Brasil sedang berlatih

 

BARISAN penyerang Brasil menjadi yang paling berkilau, menakutkan lawan dan siap menebar ancaman pada edisi Piala Dunia Qatar. Dengan kepercayaan diri tinggi, mereka sudah menyiapkan tarian-tarian untuk selebrasi gol.

Laga pertama Tim Samba menghadapi Serbia pada Grup G di Stadion Lusail, Jumat (25/11) dini hari, bakal menjadi ajang pembuktian ketajaman lini depan tim asuhan Adenor Leonardo Bacchi alias Tite. Pasalnya, skuad yang diboyong merupakan tim dengan gaya menyerang yang amat kental dihuni pemain-pemain berbahaya dan haus gol.

Tite memiliki nama-nama mentereng seperti Neymar, Richarlison, Raphinha, Vinicius Junior dan Gabriel Jesus. Tak hanya di pilihan utama, opsi-opsi lain juga dihuni pemain-pemain yang tengah naik daun seperti Rodrygo, Anthony hingga Gabriel Martinelli.

Di lini tengah, mereka punya Casemiro, Lucas Paqueta dan Fabinho yang akan menjadi penyangga aliran bola ke depan. Dengan segudang pemain top itu, bakal amat dinantikan strategi Tite menerapkan taktik yang akan menunjukkan kegarangan Tim Samba.

"Sejujurnya, kami sudah menyiapkan tarian hingga gol ke-10. Kami menyiapkan 10 tarian untuk setiap pertandingan, satu untuk yang pertama, satu untuk yang kedua, satu untuk yang ketiga. Jika kami mencetak lebih dari 10 gol, maka kami harus mulai berinovasi lagi," kata Raphinha.

Richarlison yang menjadi pencetak gol terbanyak untuk Brasil tahun ini yakin gol akan datang dengan sendirinya untuk Tim Samba di laga nanti. Selama berseragam timnas, striker Tottenham Hotspur itu sudah menorehkan 17 gol dari 38 penampilan.

"Saat Anda mengenakan jersey nomor 9 bersama timnas Brasil, yang ingin Anda lakukan hanyalah mencetak gol. Dengan rekan setim ini, saya yakin gol akan datang," ucapnya.

Di sisi lain, Gabriel Martinelli juga berhasrat membuktikan kemampuannya setelah tampil apik menjadi andalan Arsenal musim ini di Liga Inggris. Pemanggilan Martinelli sebelumnya diragukan dan banyak mengejutkan publik sepak bola Brasil.

Baca juga: Saleh Husin: Brasil, Tim yang Bertabur Bintang di Semua Lini

Penyerang berusia 21 tahun itu baru melakukan debutnya untuk Brasil sebagai pengganti melawan Cile pada Maret lalu. Dia berhasil membuat Tite terkesan sejak itu ditambah performanya di klub dengan lima gol dan dua assist dalam 14 pertandingan.

"Musim saya berjalan dengan baik, kami (Arsenal) berada di puncak Liga Inggris, kami melakukannya dengan baik di sana, dan saya percaya diri," ucap Martinelli.

"Saya tidak terlalu memperhatikan orang yang tidak mengenal saya, yang tidak tahu betapa saya bekerja keras. Saya hanya fokus pada sepak bola, mendengarkan keluarga saya dan orang-orang yang dekat dengan saya. Itulah yang paling penting bagi saya," imbuh Martinelli.

Di atas kertas, Brasil lebih diunggulkan ketimbang Serbia. Namun, kejutan seperti kekalahan Argentina dari Arab Saudi patut menjadi pelajaran Neymar dan kawan-kawan. Pasalnya, kesalahan sekecil apa pun berpeluang menjadi petaka.

Terlebih, kubu Serbia juga mengandalkan ancaman di lini serang dengan kehadiran dua striker tajam mereka Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic. Mitrovic mencetak sembilan gol dalam 12 pertandingan untuk Fulham musim ini adapun Vlahovic mencetak enam gol dalam 10 pertandingan Serie A Italia bersama Juventus.

"Mereka pemain hebat, mereka kuat, mereka memiliki banyak kualitas dan jelas kami banyak mempelajari lawan kami dan kami sedang mempersiapkan segalanya," kata bek Brasil Eder Militao.

"Kami harus sangat berhati-hati dengan para pemain ini. Di Piala Dunia, siapa pun yang membuat kesalahan paling sedikit akan menjadi pemenang," tukas bek Real Madrid itu.(AFP/ESPN/OL-5)

Baca Juga

AFP/	INA FASSBENDER

Saatnya Jerman Fokus ke Pertandingan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 26 November 2022, 14:58 WIB
Oleh para pengamat, Jerman dikecam karena kehilangan fokus sisi sepak bola dan seolah lebih nyaring pada kampanye...
dok.ant

Preview Piala Dunia 2022: Argentina vs Meksiko

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:05 WIB
ARGENTINA berusaha mengembalikan statusnya sebagai favorit juara turnamen ini kala ditantang Meksiko dalam pertandingan kedua Grup C Piala...
AFP/	PAUL ELLIS

Ditahan Imbang AS, Southgate Tuai Kritikan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 26 November 2022, 12:23 WIB
Inggris membuang peluang untuk memastikan tempat di babak 16 besar lebih awal lantaran bermain tanpa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya