Rabu 16 November 2022, 08:00 WIB

Para Pejabat Denmark Dipastikan Absen di Selama Piala Dunia 2022

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Para Pejabat Denmark Dipastikan Absen di Selama Piala Dunia 2022

AFP/FRANCK FIFE
Para pemain timnas Denmark

 

TIMNAS Denmark merupakan pengkritik paling keras terhadap tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar. Kini, para pejabat pemerintah dan keluarga kerajaan Denmark memutuskan untuk tidak hadir di pembukaan Piala Dunia 2022.

Timnas Denmark bertolak ke Qatar, Selasa (15/11). Namun, perilaku dan pernyataan mereka akan diawasi oleh FIFA dan aktivis HAM dunia.

Denmark adalah salah satu tim yang paling keras menentang Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia karena catatan HAM mereka. Pekan lalu, upaya mereka untuk berlatih menggunakan kaos bertuliskan dukungan bagi HAM ditolak oleh FIFA.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Denmark Tegaskan Fokus ke Sepak Bola

Kini, pemerintah Denmark mengumumkan bahwa tidak ada menteri atau pun duta besar Denmark yang akan hadir di upacara pembukaan atau laga timnas selama Piala Dunia 2022.

Alasan resmi yang diberikan pemerintah Denmark adalah bahwa Perdana Menteri Mette Frederiksen tengah sibuk menyusun kabinet setelah meraih kemenangan di pemilu pada 1 November lalu.

"Fokus saat ini adalah membentuk pemerintahan baru. Karenanya, tidak akan ada pejabat Denmark yang hadir di Piala Dunia di Qatar," ungkap Menteri Olahraga Denmark Ane Halsboe-Jorgensen.

Surat kabar Denmark Berlinske menyebut pemerintah terselamatkan oleh lamanya negosiasi untuk menyusun kabinet.

"Saat Piala Dunia akan berlangsung kurang dari sepekan. perdana menteri diselamatkan karena harus menyusun kabinet," ungkap surat kabar itu.

Keluarga kerajaan Denmark juga memutuskan tidak hadir di Piala Dunia. Putra Mahkota Pangeran Frederik, yang merupakan pendukung fanatik timnas Denmark, mengumumkan dirinya tidak akan bertolak ke Qatar.

"Saya mendukung penuh timnas dimana pun mereka bermain. Saya tidak sabar mendukung mereka dari rumah," ungkap Pangeran Frederik lewat Instagram.

Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU) telah melontarkan kritik sejak Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2010. Mereka berada terdepan menuntut perbaikan hak pekerja migran dan komunitas LGBT+ di Qatar. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Juns

Preview Piala Dunia 2022: Ghana vs Uruguay

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:00 WIB
Hasil imbang juga sudah cukup bagi Ghana untuk menemani Portugal ke fase...
ANTARA/Juns

Preview Piala Dunia 2022: Kamerun vs Brasil

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:45 WIB
Mengingat tiket ke babak knockout sudah dalam genggaman, maka lumrah jika Brasil mengistirahatkan pemain-pemain terpenting mereka di laga...
OZAN KOSE / AFP

Generasi Emas Belgia Berakhir Tanpa Mahkota

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:14 WIB
Belgia yang ada di peringkat dua FIFA gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia Qatar setelah imbang tanpa gol dengan Kroasia pada laga grup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya