Jumat 11 November 2022, 12:45 WIB

Southgate Tegaskan Timnas Inggris tidak Bisa Dibungkam Soal HAM

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Southgate Tegaskan Timnas Inggris tidak Bisa Dibungkam Soal HAM

AFP/Darren Staples
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate

 

MANAJER timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan pasukannya tidak akan bisa dibungkam mengenai pelanggaran hak asasi manusia di Qatar meski FIFA telah meminta semua peserta Piala Dunia 2022 fokus ke sepak bola.

Qatar menjadi sorotan karena catatan buruk mereka terkait kelompok LGBTQ dan hak perempuan serta perlakuan terhadap pekerja migran, terutama yang membantu pembangunan delapan stadion yang akan digunakan di Piala Dunia 2022.

Southgate menggarisbawahi peran pemain homoseksual kala timnas putri Inggris menjadi juara Piala Eropa, awal tahun ini. Karenanya, dia menegaskan the Three Lions tidak akan tinggal diam jika para pendukung LGBTQ menjadi sasaran pemerintah Qatar saat penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Baca juga: Maddison Masuk Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022

"Terkait komunitas LGBTQ, kami mendukung inklusivitas dengan tegas," ungkap Southgate.

"Kami merasa hal itu juga penting bagi pendukung kami dan kami menyadari hal ini menjadi tantangan bagi penyelenggara turnamen."

"Jika bukan karena komunitas itu, kami tidak akan menjadi juara Piala Eropa Putri. Karenanya, mereka sangat penting bagi kami," lanjutnya.

FIFA, dalam surat kepada para peserta Piala Dunia 2022 meminta tim untuk fokus ke sepak bola dan berhenti mencoba memberikan pendidikan moral.

Di bawah kepemimpinan Southgate, timnas Inggris konsisten melawan rasisme. The Three Lions bahkan mengabaikan cemoohan dari pendukung sendiri kala mereka memilih untuk berlutut melawan diskriminasi ras di Piala Eropa 2020. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Juns

Preview Piala Dunia 2022: Ghana vs Uruguay

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:00 WIB
Hasil imbang juga sudah cukup bagi Ghana untuk menemani Portugal ke fase...
ANTARA/Juns

Preview Piala Dunia 2022: Kamerun vs Brasil

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:45 WIB
Mengingat tiket ke babak knockout sudah dalam genggaman, maka lumrah jika Brasil mengistirahatkan pemain-pemain terpenting mereka di laga...
OZAN KOSE / AFP

Generasi Emas Belgia Berakhir Tanpa Mahkota

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:14 WIB
Belgia yang ada di peringkat dua FIFA gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia Qatar setelah imbang tanpa gol dengan Kroasia pada laga grup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya