Jumat 11 November 2022, 09:45 WIB

Maddison Masuk Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Maddison Masuk Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022

AFP/Geoff Caddick
Gelandang Leicester City James Maddison (kiri)

 

PELATIH timnas Inggris Gareth Southgate menyebut James Maddison sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Liga Primer Inggris ketika memasukkan nama pemain tengah Leicester City itu ke skuat the Three Lions untuk Piala Dunia 2022, Kamis (10/11).

Southgate, sebelumnya, lebih banyak mempercayai nama besar meski penampilan mereka kurang apik dan mengabaikan Maddison.

Pemain tengah berusia 25 tahun itu baru sekali memperkuat timnas Inggris, pada 2019. 

Baca juga: Conte Sebut Kane Kelelahan Jelang Piala Dunia 2022

Dia menuai kontorversi setelah terekam kamera berada di kasino beberapa hari setelah menarik diri dari timnas Inggris dengan alasan sakit, tiga tahun lalu.

Namun, di antara pemain timnas Inggris yang bisa dipilih Spouthgate, Maddison hanya kalah dari Harry Kane dalam jumlah gol dan assist di Liga Primer Inggris musim ini.

"Dia telah membuktikan diri layak. Saya merasa dia bisa memberi kami sesuatu yang berbeda ketimbang pemain menyerang lain yang kami miliki," ujar Southgate.

"Saya rasa dia bermain sebaik pemain menyerang lain di negara ini. Dalam dirinya, kami memiliki tipe ancaman yang berbeda dan saya rasa kami butuh itu," lanjutnya.

Duet pemain Manchester City Kyle Walker dan Kalvin Phillips dipanggil meski masih belum fit.

Southgate mengakui bahwa Walker kemungkinan belum fit saat Inggris memulai kiprah mereka di Piala Dunia 2022 melawan Iran pada 21 November.

Bek kanan itu masih memulihkan diri dari cedera perut sementara Phililips hanya bermain selama 13 menit pada musim ini sebagai pemain pengganti dalam laga Piala Liga melawan Chelsea pada Kamis (10/11) dini hari WIB.

"Kami merasa itu adalah risiko yang layak diambil," aku Southgate mengenai pemilihan Phillips.

"Dia sudah pulih dari cedera. Kami menyadari dia tidak akan bisa bermain di tujuh laga selama 90 menit. Kami akan mulai bekerja agar dia bugar," lanjutnya.

Kapten Manchester United Harry Maguire juga masuk skuat Inggris meski posisinya di Setan Merah sudah tergusur.

Absennya bek Chelsea Reece James membuat Southgate memainggil pemain belakang Liverpool Trent Alexander-Arnold.

Selepas melawan Iran, Inggris akan berhadapan dengan Amerika Serikat dan Wales di Grup B.

Skuat timnas Inggris:

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Newcastle), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Harry Maguire, Luke Shaw (keduanya Manchester United), Eric Dier (Tottenham Hotspur), John Stones, Kyle Walker (keduanya Manchester City), Kieran Trippier (Newcastle), Conor Coady (Everton), Ben White (Arsenal), Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

Gelandang: Jude Bellingham (Borussia Dortmund/Jerman), Mason Mount, Conor Gallagher (keduanya Chelsea), Declan Rice (West Ham United), Jordan Henderson (Liverpool), Kalvin Phillips (Manchester City)

Penyerang: James Maddison (Leicester), Phil Foden, Jack Grealish (keduanya Manchester City), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Bukayo Saka (Arsenal), Raheem Sterling (Chelsea), Callum Wilson (Newcastle United), Marcus Rashford (Manchester United) (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/Seno

Siapa Memiliki Sayap, Dia akan Terbang

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:20 WIB
APA yang menonjol dan bisa dipetik dari ajang Piala Dunia...
AFP/DOUGLAS MAGNO

Keluarga Richarlison Terpukul Namun Tetap Bangga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 06:00 WIB
"Kami sangat bangga dengannya. Dia mulai dari nol dan lihatlah dia sekarang. Dia adalah anak yang rendah hati, baik, dan...
AFP/Ina Fassbender

Julukan King Livi Semakin Mantap Disandang Livakovic

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 05:45 WIB
Kiper itu telah menjadi pujaan warga Kroasia ketika melakukan tiga penyelamatan di babak 16 besar melawan Jepang yang juga harus diakhiri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya