Rabu 05 Oktober 2022, 14:12 WIB

TGIPF: Semua Liga di Bawah PSSI Dihentikan Sementara

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
TGIPF: Semua Liga di Bawah PSSI Dihentikan Sementara

MI/Bagus Suryo
Stadion Kanjuruhan

 

TIM Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai bekerja untuk mengusut tragedi Kanjuruhan. Tim yang dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD itu telah menggelar rapat perdana, Selasa (4/10) malam, kemudian bersepakat segera bekerja mencari akar masalah.

Dari hasil rapat, TGIPF juga mengumumkan rekomendasi yang telah disetujui Menpora untuk semua kompetisi di bawah naungan PSSI yakni Liga 1, 2 dan 3 dihentikan sementara. Sebelumnya, PSSI hanya menghentikan Liga 1 dan 2. Moratorium itu hingga Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah tim menyampaikan rekomendasinya.

"Sekarang sudah ada yang (turun ke lapangan) di Malang melakukan investigasi dan mendalami kasus serta meminta keterangan berbagai pihak terkait," kata anggota TGIPF yang juga Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali ketika dikonfirmasi, Rabu (5/10).

Baca juga: Panglima TNI Sebut 4 Anggota Akui Salah Terkait Tragedi Kanjuruhan

TGIPF menegaskan kerusuhan pertandingan sepak bola sering terjadi dan selalu dibentuk tim pencari fakta namun kondisinya berulang. Sebab itu, tim menyelidiki akar masalahnya untuk kemudian dihasilkan rekomendasi.

Selain soal akar masalah, TGIPF juga akan merekomendasikan sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran.

Tim juga akan merekomendasikan sinkronisasi regulasi pada aturan FIFA dan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Diikuti sosialisasi serta pemahaman kepada seluruh stakeholder sepak bola termasuk aparat keamanan.

TIGPF menargetkan dalam tiga minggu sudah menyampaikan hasil kerja kepada Presiden Joko Widodo dan diharapkan bisa bisa lebih cepat dari target waktu tersebut.(OL-5)

Baca Juga

ISSOUF SANOGO / AFP

Terdampar di Dasar Klasemen, Kamerun Tetap Pede Bakal Taklukkan Selecao

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:19 WIB
Mengalahkan Brasil ibarat harus mendaki gunung yang tinggi, namun Song menegaskan timnya ingin lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya...
Giuseppe CACACE / AFP

Jika Bertukar tempat dengan Messi, Lewandowski Bakal Cetak 5 Gol

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:37 WIB
Polandia benar-benar terdominasi oleh permainan Argentina sepanjang laga dan Lewandowski tak mampu membuat...
JOSEPH EID / AFP

Duel Serbia dan Swiss Diliputi Dendam Piala Dunia Rusia

👤 Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:18 WIB
Swiss yang memiliki tiga poin di urutan kedua klasemen memiliki peluang lebih baik untuk menemani Brasil ke babak 16 besar Piala Dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya