Rabu 28 September 2022, 06:00 WIB

Mantan Bintang Chelsea John Obi Mikel Gantung Sepatu

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Mantan Bintang Chelsea John Obi Mikel Gantung Sepatu

Instagram @mikel_john_obi
John Obi Mikel mengangkat trofi Liga Champions yang dimenangkannya bersama Chelsea

 

MANTAN gelandang timnas Nigeria dan Chelsea John Obi Mikel mengumumkan dirinya pensiun, Selasa (27/9), dengan mengatakan, "Segala hal yang baik pada akhirnya harus berakhir."

"Saya melihat ke belakang ke karier saya selama 20 tahun, saya bisa mengatakan saya puas dengan segala yang saya capai terutama dengan sosok manusia yang saya bentuk," ujar pesepak bola berusia 35 tahun itu di akun Instagram pribadinya.

Di antara prestasi yang ditorehkan Obi Mikel adalah gelar Liga Champions pertama Chelsea pada 2012.

Baca juga: Chelsea Banderol Pulisic 35 Juta Euro

Chelsea pun dengan segera mengucapkan selamat pensiun kepad apemain yang bergabung dengan the Blues saat berusia 19 tahun.

Selama satu dekade memperkuat klub asal London itu, Obi Mikel tampil di 372 laga, memenangkan gelar Liga Champions, dua gelar Liga Primer Inggris, empat Piala FA, Liga Europa, dan dua gelar Piala Liga.

"Selamat pensiun, John," ungkap Chelsea dalam sebuah pernyataan resmi.

Dalam pesan pensiunnya, Obi Mikel mengatakan, "Ada kalimat yang berbunyi, 'Segala hal yang baik pada akhirnya harus berakhir.'. Bagi karier profesional saya, hari ini adalah akhirnya."

Dia kemudian mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya.

"Kalian mendukung saya di saat tinggi dan rendah, bahkan di hari saat saya tidak bermain sebaik yang kalian harapkan. Karenanya, saya sangat berterima kasih," ungkap Obi Mikel.

Kapten timnas Nigeria itu mengakhiri kariernya di sepak bola internasional setelah membawa tim Elang Super menduduki peringkat tiga Piala Afrika 2019 di Mesir.

Obi Mikel tampil 89 kali untuk timnas Nigeria dan mencetak enam gol antara 2005 dan 2019, memenangkan gelar Piala Afrika pada 2013.

Dia juga membawa Nigeria memenangkan medali perunggu Olimpiade Rio de Janeiro 2016 sebagai salah satu pemain senior.

Setelah meninggalkan Chelsea pada 2017, Obi Mikel bermain selama beberapa musim di Tiongkok bersama Tianjin sebelum kembali ke Inggris bersama klub Divisi Championship Middlesbrough pada 2019.

Dia kemudian bergabung dengan Trabzonspor sebagai agen bebas pada akhir musim 2019 sebelum memutus kontraknya dengan klub Turki itu pada 2020 karena pandemi covid-19.

Dia kembali bermain di musim 2020-21 bersama klub Divisi Championship Stoke sebelum bergabung dengan Kuwait FC, yang menjadi klub terakhirnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Jelang Laga Kontra Ghana, Korsel Harus Tampil Lebih Klinis

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 14:34 WIB
Ghana sama sekali tidak boleh dianggap remeh oleh Korea Selatan. Pasalnya, skuad asuhan Otto Addo berhasil membuat Portugal jatuh bangun di...
AFP

Swiss Tak Gentar Nama Besar Brasil

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 12:55 WIB
BEK Timnas Swiss Nico Elvedi mengatakan bahwa timnya tidak gentar dengan kekuatan serta kualitas Brasil saat kedua tim bertemu dalam...
dok.AFP

Kecemerlangan Mbappe Janganlah Segera Berakhir

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 11:45 WIB
DUA gol Kylian Mbappe dalam kemenangan 2-1 atas Denmark, Sabtu (26/11) malam WIB menjawab kekhawatiran Prancis yang dilanda badai cedera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya