Rabu 21 September 2022, 03:55 WIB

DPR Setuju Jordi Amat dan Sandy Walsh Dapat Kewarganegaraan Indonesia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
DPR Setuju Jordi Amat dan Sandy Walsh Dapat Kewarganegaraan Indonesia

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Dua calon pemain timnas, Sandi Walsh dan Jordi Amat, mendengarkan kala Komisi III DPR membahas proses naturalisasi mereka.

 

DPR RI menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI bagi calon pemain timnas Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Jakarta, Selasa (20/9).

"Sesuai hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus, selaku pimpinan rapat.

Lodewijk mengatakan proses pemberian kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh dapat berlanjut ke tahap berikutnya. Dengan demikian, kedua pemain tersebut hanya perlu menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengucap sumpah janji setia sebagai WNI di kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: DPR Terima Surat Permohonan Naturalisasi Shayne Pattynama

PSSI memilih Jordi dan Sandy, yang masing-masing berasal dari Spanyol dan Belanda, sebagai pemain naturalisasi untuk memperkuat timnas senior.

Ajang terdekat yang telah menanti Jordi dan Sandy untuk memperkuat timnas Indonesia adalah Piala AFF 2022, yang akan berlangsung Desember nanti.

Pelatih Shin Tae-yong sebetulnya berharap Jordi dan Sandy dapat bermain bersama timnas dalam laga FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 dan 27 September. Namun dengan status mereka saat ini yang belum resmi menjadi WNI, peluang tersebut tidak memungkinkan.

Jordi dan Sandy sebelumnya sudah pernah ikut bergabung latihan bersama skuad Shin Tae-yong di Lapangan Sidolig, Bandung, Mei lalu, saat kedua pemain sedang berada di Indonesia mengurus penyelesaian syarat kewarganegaraan menjadi WNI.

Jordi Amat, 30, dan Sandy Walsh, 27, merupakan pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda, dan lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tidak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/EVGENIA NOVOZHENINA

Cedera Pemain di Lima Liga Top Eropa Meningkat Jelang Piala Dunia

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 29 September 2022, 11:01 WIB
Meningkatnya kasus pemain yang cedera diakibatkan jadwal pertandingan yang padat menjelang Piala Dunia Qatar...
HO/Dok PSSI

Indonesia Menyerah dari Thailand di Laga Perdana Kejuaraan Sepak Bola Pantai AFF 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 04:45 WIB
Pasukan Garuda menyisakan satu laga penentuan lagi untuk memperebutkan gelar juara kedua atau ketiga pada Kamis, (29/9) mendatang pukul...
Instagram @timnasfutsal

Indonesia Dibantai Iran di Piala Asia Futsal 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 04:30 WIB
Hasil tersebut membuat Indonesia untuk sementara menjadi juru kunci grup. Adapun Iran berada di puncak, sambil menunggu hasil pertandingan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya