Jumat 16 September 2022, 21:26 WIB

Persib Lanjutkan Tren Positif Usai Kalahkan Barito Putera 5-2

Naviandri | Sepak Bola
Persib Lanjutkan Tren Positif Usai Kalahkan Barito Putera 5-2

ANTARA/Raisan Al Farisi
Pemain Persib Bandung Ciro Alves (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Barito Putera Muhammad Firly di Stadion GBLA, Jumat (16/9).

 

PERSIB Bandung meraih tiga poin setelah menaklukkan Barito Putera dengan skor akhir 5-2 pada laga lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/9) petang.

Persib mencetak lima gol melalui David Da Silva di menit ke-5, Ciro Alves menit ke-32 dan 44, Nick Kuipers saat tambahan waktu babak pertama, dan Henhen Herdiana di menit ke-68. Sedangkan dua gol Barito Putera dicetak Buyung Ismu pada menit ke-56 dan Kahar Kalu Muzakkar di menit ke-60.

Meski menang, Persib tetap berada pada peringkat ke-8 klasemen sementara liga. Begitu pula Barito Putera yang masih berada pada peringkat ke-17 klasemen sementara liga setelah kalah di kandang Persib.

Memulai laga, Persib langsung mengejutkan tim tamu pada menit ke-5. David Da Silva berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari Henhen Herdiana di area kanan lapangan.

Saat itu, Henhen yang lolos dari pengawalan bek kiri Barito menyodorkan bola ke kotak penalti. Kemudian bola itu tak mampu dihalau kiper maupun bek Barito, hingga Da Silva tak kesulitan untuk menjebol gawang Barito. Persib membuka keunggulan dengan skor 1-0.

Setelah dalam posisi unggul, Persib menjaga tempo permainan dan tak terburu-buru melakukan serangan. Namun skema tersebut justru nyaris membuat Barito menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-22, Ferdiansyah lolos dari pengawalan Dausuke Sato dan Nick Kuipers di jantung pertahanan Persib. Hingga akhirnya Ferdiansyah berhadapan satu lawan satu dengan Kiper Reky Rahayu. Tetapi momen tersebut belum berbuah gol bagi tim tamu, karena eksekusi akhir dari Ferdiansyah masih belum menemui gawang Persib karena bola melenceng ke kanan gawang.

Usai mengalami kesalahan itu, tim tuan rumah memperkuat penguasaan bola. Hingga pada menit ke-31, Ciro Alves mencetak gol dan membuat Persib menambah keunggulan atas Barito Putera.

Kini Rahmat Irianto yang berperan sebagai assist setelah menekan dari area sayap kanan. Ketika memasuki kotak penalti, Iranto kemudian menyodorkan bola ke hadapan gawang Adhitya Harlan dan bola itu disambar oleh Ciro hingga menjebol gawang Barito. Persib unggul 2-0 atas Barito.


Baca juga: CEO Persebaya Mundur Buntut Kerusuhan Bonek


Tak usai di situ, Ciro Alves kembali menambah keunggulan bagi Persib Bandung. Pada menit ke-44, Ciro menerima bola dari Marc Klok kemudian mengeksekusi bola ke kanan gawang Adhitya hingga membuat Persib unggul 3-0.

Menjelang babak pertama berakhir, Persib mencetak gol lagi lewat sundulan Nick Kuipers yang bermula dari tendangan sepak pojok Marc Klok. Gol bek berkebangsaan Belanda itu membuat Persib di atas angin dengan skor 4-0 pada 45 menit pertama.

Memasuki babak kedua, Barito melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Kiper Adhitya diganti oleh Nor Halid, kemudian
Ferdiansyah digantikan oleh Abrizal Umanailo, dan Franc Sokoy digantikan oleh Rendi Saputra.

Pada menit ke-56, tim tuan rumah kecolongan lewat gol yang dicetak Buyung Ismu untuk Barito Putera. Saat itu Buyung lepas dari pengawalan Nick Kuipers cs dan mampu menceploskan bola dengan sundulannya. Skor berubah menjadi 4-1.

Lima menit setelahnya, Barito memanfaatkan kelengahan Persib dan kembali mencetak gol. Saat itu bola lepas dari pengamanan Reky Rahayu dan dimaksimalkan oleh Kahar Kalu untuk mencetak gol. Skor menjadi 4-2.

Setelah kebobolan dua gol, Persib baru melakukan pergantian pemain. Pada menit ke-64, Ricky Kambuaya keluar dan digantikan oleh Dedi Kusnandar.

Menit ke-68, Henhen Herdiana menjadi pencetak gol tambahan bagi Persib. Henhen melepaskan tembakan yang tak mampu dibendung
oleh Nor Halid setelah menerima umpan dari Beckham Putra. Skor kemudian berubah menjadi 5-2.

Usai dalam kondisi unggul, Persib merotasi pemainnya dengan memasukkan dua pemain muda. Arsan Makarin masuk menggantikan David Da Silva, kemudian David Rumakiek masuk menggantikan Daisuke Sato.

Berlanjut di menit ke-81, pencetak gol kelima Persib Henhen mendapatkan kartu kuning setelah melanggar pemain Barito di area penalti. Namun Renan Alves yang maju sebagai algojo sepakan penalti gagal mencetak gol karena tembakannya melambung ke atas gawang Reky.

Skor 5-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Persib berhasil meraih tiga poin dan mempertahankan tren positif setelah sebelumnya juga meraih tiga poin di kandang Arema FC. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Antara

Liga 1 Harus Dihentikan Hingga Kasus Kanjuruhan Selesai

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:29 WIB
Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, untuk sementara Liga 1 akan dhentikan selama...
AFP/STR

Arema FC Sebut PT LIB Tolak Majukan Jadwal Pertandingan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:14 WIB
Setelah ditolak, Ali Rifki mengatakan pihaknya mematuhi keputusan dari PT LIB...
AFP/Armend NIMANI

Insiden Kanjuruhan, Presiden FIFA: Hari Gelap Sepak Bola

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:34 WIB
Saya menyampaikan bela sungkawa yang terdalam kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya