Kamis 15 September 2022, 21:43 WIB

Jelang Laga Kontra Hong Kong, Shin Tae-yong Mau Rotasi Pemain

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Jelang Laga Kontra Hong Kong, Shin Tae-yong Mau Rotasi Pemain

Antara
Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong saat memberikan instruksi dalam latihan.

 

TIMNAS U-20 Indonesia wajib mengunci kemenangan melawan Hong Kong dalam laga kualifikasi Grup F Piala Asia U-20, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Jum'at (16/9) malam WIB. 

Raihan tiga poin akan membuat Garuda Nusantara di jalur yang tepat, untuk memperbesar peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-20 pada tahun depan di Uzbekistan. Tepatnya, sebelum melawan tim berat Vietnam di laga pamungkas.

Pada laga pembuka, Marselino Ferdinan dkk meraih kemenangan 4-0 atas Timor Leste. Kemenangan besar menjadi motivasi lebih bagi skuad asuhan Shin Tae-yong menghadapi Hong Kong, yang pada laga sebelumnya takluk 1-5 dari Vietnam. 

Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup F, dengan bekal 3 poin. Jumlah poin yang sama juga dikantongi Vietnam, yang unggul produktivitas gol. Ketajaman lini depan Garuda Nusantara yang dikomandoi Hokky Caraka, diharapkan bisa terulang di laga mendatang. 

Baca juga: PSSI Sebut Jakarta International Stadium Tidak Memenuhi Standar FIFA

Adapun penyerang berusia 18 tahun itu tampil apik, dengan torehan hattrick melawan Timor Leste. Kendati demikian, rotasi pemain tentunya akan dilakukan Shin, karena jeda waktu pertandingan hanya satu hari. 

Ditambah lagi, laga melawan Vietnam pada Minggu (18/9) bisa jadi penentu lolos tidaknya Indonesia ke Uzbekistan pada tahun depan. Hanya juara grup yang bisa lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Dalam sesi latihan Kamis (15/9), para pemain diberikan latihan ringan dan fokus meningkatkan kebugaran. Shin memberi sinyal akan merotasi beberapa pemain, agar bisa tampil bugar hingga akhir kualifikasi grup. 

Baca juga: Meski Kalah, Shin Tae-yong Puji Perkembangan Pemain Timnas U-19

Pemain juga diminta menjalani instruksi dengan baik, sehingga bisa menghasilkan lebih banyak gol.  "Setiap keadaan pasti akan berubah-ubah. Pemain harus bisa mengikuti instruksi dengan baik, baru bisa ada hasil yang baik," pungkas Shin.

Shin tidak khawatir dengan kondisi fisik para pemain Hong Kong, yang cenderung memiliki postur tubuh tinggi. Fokusnya bukan soal postur tubuh atau fisik pemain dari tim Hong Kong, melainkan lebih ke mobilitas pemain yang akan diturunkan.

Pelatih tim U-20 Hong Kong, Cheung Kin Fung, menyoroti mental pemainnya jelang laga melawan Indonesia. Meski baru kalah dengan skor telak 1-5 dari Vietnam, Cheung menegaskan anak asuhnya siap memberikan perlawanan ke tuan rumah, yang akan bermain di depan suporter.

"Kami akan meningkatkan mental dan level kepercayaan diri pemain. Melawan Indonesia, saya pikir akan banyak suporter yang datang. Ini bagus untuk tim kami, jadi mental pemain harus kita tingkatkan," tutur Cheung.(OL-11)
 

Baca Juga

AFP/Pau BARRENA

Araujo Cedera, Barcelona Bakal Dapat Kompensasi Dari FIFA

👤Widhoroso 🕔Senin 26 September 2022, 23:54 WIB
CEDERA yang menimpa Ronald Araujo ternyata membawa keuntungan tersendiri untuk...
ANTARA

Soal Perpanjangan Kontrak, Shin Tae-yong Mengaku Tidak Tahu

👤Widhoroso 🕔Senin 26 September 2022, 23:41 WIB
PELATIH  timnas Indonesia Shin Tae-yong, mengeluarkan respons terkait rencana PSSI memperpanjang masa...
AFP

Chelsea Pernah Tawarkan Kante Ke Juventus

👤Widhoroso 🕔Senin 26 September 2022, 23:35 WIB
KLUB Liga Primer Inggris, Chelsea sepertinya tidak lagi butuh tenaga N'Golo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya