Sabtu 06 Agustus 2022, 22:54 WIB

Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal AFF

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal AFF

Twitter @AFFPresse
Ofisial Indonesia merayakan kemenangan atas Vietnam

 

TIMNAS U-16 Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022 seusai mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8).

Sempat tertinggal lebih dahulu lewat tendangan penalti Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41, Garuda Asia mampu membalikan keadaan di babak kedua. Pada menit ke-51, Arkhan Kaka mencetak gol dengan sundulan setelah memanfaatkan umpan Narendra Tegar.

Gol kedua skuad asuhan Bima Sakti itu tercipta pada menit ke-55 melalui Muhammad Nabil Asyura. Hasil ini membuat timnas U-16 Indonesia memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan mengemas 9 poin dari 3 pertandingan. Garuda Asia unggul 3 poin dari Vietnam yang ada di posisi runner-up. Vietnam masih menantikan hasil di grup lainnya untuk menghitung klasemen runner-up terbaik.

Dalam ajang Piala AFF U-16 ini, memang hanya tiga juara grup dan satu runner-up terbaik yang berhak lolos ke semifinal. Selain Indonesia, belum ada tim lain yang memastikan lolos ke semifinal.

Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti mengapresiasi kerja keras pemainnya hingga mampu balik unggul di babak kedua. Ia mengakui pada babak pertama ada ruang terbuka di lini belakang skuadnya hingga membuat Vietnam mampu memberikan tekanan.

Bima juga menginstruksikan pemainnya bisa mengambil inisiatif menekan di awal babak kedua untuk mengejar ketertinggalan.

"Empat pemain belakang babak pertama terlalu longgar karena mereka pakai tiga di depan. Empat pemain kita harus rapat itu jadi evaluasi kita di babak kedua," kata Bima Sakti.

Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup C pada Rabu (10/8). Dua tim masih berpotensi menjadi juara Grup C yakni Malaysia dan Myanmar.

"Kita enggak pilih-pilih lawan baik itu Malaysia maupun Myanmar kita tetap fight. Siapa pun lawannya saya minta pemain fokus di semifinal agar lolos ke final," ujar eks kapten Timnas itu.

Sementara itu pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan mengakui keunggulan Garuda Asia. Ia mengapresiasi pemainnya yang telah bekerja keras meskipun hasil ke semifinal masih harus ditentukan grup lainnya.

"Selamat untuk Indoensia untuk kemenangan mereka. kami bermain di bawah tekanan. Yang jelas kami tidak tunggu grup lain, kami sudah berusaha sebaik mungkin," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Robert Rene Alberts Mundur Dari Kursi Pelatih Persib Bandung

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:42 WIB
Pelatih sepak bola berkebangsaan Belanda, Robert Rene Alberts mundur dari kursi Pelatih Kepala Persib Bandung berdasarkan pernyataan resmi...
AFP

Sejumlah Pemain MU Muak dengan Sikap Ronaldo

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:35 WIB
Ronaldo cuma ikut latihan selama 10 hari terakhir dan belum mencapai tingkat kebugaran yang...
ANTARA

Robert Rene Alberts Mundur Dari Kursi Pelatih Persib

👤Widhoroso 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:26 WIB
PELATIH Persib Bandung, Robert Rene Alberts mundur dari kursi pelatih. Kepastian itu diumumkan Persib dalam rilis yang dikeluarkan Maung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya