Sabtu 06 Agustus 2022, 09:15 WIB

Kongres Brasil Bentuk Komite untuk Monitor Persiapan Timnas untuk Piala Dunia 2022

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kongres Brasil Bentuk Komite untuk Monitor Persiapan Timnas untuk Piala Dunia 2022

AFP/DOUGLAS MAGNO
Timnas Brasil

 

KONGRES Brasil telah membentuk sebuah komite untuk mengawasi persiapan timnas untuk Piala Dunia 2022 dengan alasan citra Selecao telah berada di titik terendah setelah serangkaian kekalahan beruntun.

Komite Olahraga Kongres Brasil, Kamis (4/8), memutuskan untuk membentuk sebuah komite terpisah yang akan mengawasi Neymar dan rekan-rekannya saat mereka bersiap bertolak ke Qatar dalam tempo tiga bulan ke depan.

Brasil merupakan salah satu unggulan di Piala Dunia 2022 setelah berhasil menduduki peringkat satu rangking FIFA karena tidak terkalahkan di 17 laga kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga: Neymar Cetak Dua Gol, Brasil Hantam Korsel

Namun, fakta itu tidak membuat para politisi Brasil puas.

"Brasil sudah tidak pernah mencapai semifinal Piala Dunia sejak menjadi juara pada 2022, kecuali pada 2014, ketika kita menjadi tuan rumah dan disingkirkan secara memalukan oleh Jerman," kata anggota Kongres Brasil Jose Rocha.

Dia menambahkan, kekalahan melakukan 7-1 dari Jerman di kandang sendiri serta puasa gelar selama 20 tahun membuat sepak bola Brasil menjauh dari para pendukungnya.

Popularitas timnas Brasil menurun selama beberapa tahun terakhir dengan 51% warga 'Negeri Samba' itu mengaku tidak tertarik menonton Piala Dunia.

"Kita harus membangkitkan sepak bola, yang selain memiliki peran penting dalam masyarakat juga dipandang sebagai gairah nasional," ujar Rocha.

Namun, langkah Kongres Brasil itu menuai kritik yang mempertanyakan apakah Kongres tidak memiliki pekerjaan yang lebih penting.

"Apakah para anggota Kongres ini memikirkan kelaparan atau masalah sosial lain yang dihadapi warga Brasil?" kecam Jaksa Brasil Janice Ascari di Twitter.

Brasil, yang menjadi juara Piala Dunia pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002, lebih banyak dari negara lain, akan memulai kiprah mereka di Piala Dunia 2022 pada 24 November melawan Serbia. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Lindsey Parnaby / AFP

Menanti Langkah Berani Erik ten Hag

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 14:55 WIB
Ten Hag memilih untuk menurunkan Christian Eriksen di lini depan dengan berperan sebagai false 9. Namun strategi itu tidak berjalan mulus...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Bima Sakti Harap Kedatangan Orangtua Jadi Motivasi Timnas U-16 di Final Piala AFF

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 13:45 WIB
"Alhamdulillah, orangtua mereka datang. Itu akan menjadi motivasi. Sebelumnya pemain hanya melihat foto, kini sudah hadir...
AFP/Yuki IWAMURA

Jadwal Piala Dunia Dimajukan, Qatar dan Ekuador Jadi Laga Pembuka

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:30 WIB
FIFA resmi memajukan kick off Piala Dunia 2022 Qatar seharii lebih cepat menjadi 20 November 2022. Tuan rumah akan melawan Ekuador di laga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya