Rabu 20 Juli 2022, 08:15 WIB

Buka Peluang Pindah Federasi, PSSI Jalin Komunikasi dengan EAFF

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Buka Peluang Pindah Federasi, PSSI Jalin Komunikasi dengan EAFF

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta

 

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku sudah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) soal kepindahan PSSI dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

"Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi). Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu," kata Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/7).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan PSSI tidak mungkin pindah federasi begitu saja karena banyak mekanisme yang harus dilewati baik secara internal maupun eksternal.

Baca juga: 'Ngambek' gara-gara Piala AFF U-19, PSSI Pikirkan untuk Hengkang ke EAFF

Oleh sebab itu, secara organisasi, Iwan menyebut pihaknya mesti mendiskusikan semuanya, terutama pada tingkat Komite Eksekutif (Exco).

"Kami harus mendiskusikannya dengan matang dan menghitung untung-ruginya," kata Iwan.

Isu PSSI pindah dari AFF ke EAFF berhembus kencang setelah dugaan timnas U-19 Indonesia dicurangi saat Piala AFF U-19 2022.

Ketika itu, skuat asuhan pelatih Shin Tae-yong tidak lolos ke semifinal lantaran kalah head to head dari Vietnam dan Thailand. Kedua tim disebut terakhir bermain imbang 1-1 pada laga yang digelar bersamaan dengan partai terakhir Indonesia di Grup A, dan itu membuat Vietnam-Thailand lolos ke empat besar sebagai dua tim terbaik grup ini.

PSSI menganggap pertandingan Vietnam versus Thailand tersebut tidak menjunjung sportivitas karena kedua tim tidak berusaha mencetak gol setelah kedudukan imbang 1-1.

PSSI sudah mengajukan nota protes resmi kepada AFF terkait hal itu disertai bukti-bukti termasuk video pertandingan dan unggahan pelatih fisik timnas U-19 Vietnam Le Cao Cuong di Instagram yang menyatakan, Vietnam-Thailand, 1-1, 75 menit musuh, 15 menit teman selamanya.

Melihat situasi tersebut, warganet mengumandangkan permintaan agar PSSI keluar dari AFF dan pindah ke federasi regional lain seperti EAFF.

EAFF, organisasi yang berdiri pada 28 Mei 2002, saat ini beranggotakan 10 negara yaitu Tiongkok, Taiwan, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Hong Kong, Guam, Macau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Sama seperti AFF, EAFF juga memiliki beberapa kompetisi seperti Piala EAFF, untuk putra dan putri dari beberapa tingkatan umur, juga futsal.

Adapun di AFF, Indonesia memegang peranan penting karena menjadi salah satu negara pendiri bersama Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. AFF lahir pada 31 Januari 1984. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Jacksen Tiago Mundur Dari Kursi Pelatih Persis Solo

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 19:17 WIB
Usai membawa Persis Solo meraih kemenangan perdana di BRI Liga 1 2022-2023 setelah menaklukkan Bhayangkara FC, Jumat (19/8), Jacksen f...
Antara

Persija Targetkan Tiga Poin di Kandang Rans Nusantara

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 19:06 WIB
Persija Jakarta baru satu kali meraih kemenangan hingga pekan keempat Liga 1 2022/2023, yaitu saat melawan Persis Solo. Pada laga terakhir,...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

Taklukan Bhayangkara FC, Persis Solo Raih Kemenangan Perdana

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 18:59 WIB
PERSIS Solo berhasil meraih kemenangan perdana dalam BRI Liga 1 2022-2023 usai mengalahkan Bhayangkara FC 1-0 di Stadion Wibawa Mukti,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya