Kamis 12 Mei 2022, 15:39 WIB

Skuad Garuda Perlu Waspada Pertahanan Ketat Filipina

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Skuad Garuda Perlu Waspada Pertahanan Ketat Filipina

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae Yong (kanan) memberikan penjelasan kepada Egy Maulana Vikri (kiri) dan Witan Sulaeman

 

TIM Nasional Indonesia U-23 perlu mewaspadai lini pertahanan Filipina yang kokoh saat kedua tim bertemu di fase grup A SEA Games 2021 Vietnam, Jum'at (13/5). Kemenangan wajib diraih Skuad Garuda Muda jika ingin lolos ke semifinal.

Filipina memang mempunya kekuatan di lini pertahanan. Terbukti, tuan rumah Vietnam dibuat frustrasi oleh rapatnya barisan pertahanan hingga pertandingan kedua tim pun berakhir imbang 0-0.

Meski baru saja dikalahkan Myanmar 3-2, tim racikan Norman Fegidero siap menjadikan Tim Merah-Putih sebagai pelampiasan.

Kemenangan atas Timor Leste perlu menjadi modal untuk Indonesia agar bisa mengalahkan Filipina yang kini berada di posisi kedua, atau selisih satu poin dari Indonesia yang ada di peringkat keempat.

Shin Tae-yong sudah memberikan pelatihan pemulihan kondisi usai melawan Timor Leste. Shin mengatakan kondisi pemain baik dan siap tempur melawan Filipina.

"Untuk pemain yang tidak main atau menit bermain sedikit, menjalani latihan seprti biasa. Kondisi pemain masih baik," kata Shin Tae-yong.

Shin mengaku fokus untuk meningkatkan performa permaianan tim. Dia tidak puas saat melawan Timor Leste meskipun menang telak 4-1.

"Kami harus bekerja keras meningkatkan performa. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik," kata Shin.

Baca juga: Shin Tae-yong Ulang Tahun, Timnas U023 Ditraktir Piza dan Durian

Gelandang Tim U-23 Indonesia, Egy Maulana mengatakan bahwa saat ini kondisi tim dalam kondisi bagus jelang melawan Filipina. Dia bersama tim akan fokus untuk meraih kemenangan demi lolos ke semifinal.

"Kami fokus ke tim sendiri bagaimana agar kita dapat bermain sebaik mungkin dan mengalahkan Filipina. Kami harus bermain lebih fokus, jangan mengulangi kesalahan dan konsentrasi," kata Egy.

Pada pertandingan melawan Timor Leste, Egy berhasil mencetak gol pada menit ke-16 untuk membawa Indonesia U-23 unggul 1-0 atas Timor Leste pada babak pertama.

Shin Tae-yong mengganti Egy semata karena ingin menjaga tenaga sang pemain untuk melawan Filipina.

"Masih banyak pertandingan ke depan. Apalagi dalam dua partai terakhir di babak penyisihan, kami harus menang. Jadi, saya harus selalu bugar dan beberapa teman juga sudah mulai bugar karena mendapatkan istirahat karena ada yang bermain full dan tidak full," jelas Egy.

Sementara itu, Pelatih timnas Filipina U-23 Norman Fegidero para pemain Filipina mengalami kelelahan setelah bermain tiga kali hanya dalam waktu enam hari. Kondisi itu membuat skuad timnas Filipina U-23 tidak dalam kondisi terbaik untuk melawan Indonesia.

Fegidero sadar Indonesia lebih diunggulkan saat melawan Filipina. Namun pelatih 52 tahun itu tetap yakin The Azkals bisa menciptakan kejutan.

"Sekarang waktunya Filipina istirahat. Sampai saat ini skuad Filipina masih berpikir positif dan optimistis jelang melawan Indonesia. Saya tahu Shin Tae Yong pelatih bagus dan Indonesia tim kuat," ucap Fegidero dikutip dari The Thao 247.

"Kami berusaha memperbaiki taktik dan melakukan persiapan dengan hati-hati jelang melawan Indonesia. Mari kita lihat kejutan apa yang akan terjadi," ujarnya. (PSSI/OL-4)

Baca Juga

Antara/Michael Siahaan

Thomas Doll: Persija Butuh Pemain Asing untuk Tiga Posisi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:27 WIB
Pelatih Persija Thomas Doll mengatakan bahwa timnya membutuhkan tiga pemain asing yang piawai mengisi posisi bek tengah, gelandang dan...
AFP/GLYN KIRK

BBC Minta Maaf Sebut Manchester United 'Sampah'

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:48 WIB
Stasiun televisi Inggris, BBC telah membuat permintaan maaf kepada Manchester United karena menyebut klub berjuluk Setan Merah tersebut...
AFP/Valerio Pennicino / UEFA

Mourinho Sebut Pengalaman Juara tidak Membantu Dirinya di Final Liga Konferensi UEFA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 25 Mei 2022, 12:45 WIB
Mourinho telah memenangkan dua gelar Liga Champions, Piala UEFA, dan Liga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya