Rabu 30 Maret 2022, 04:33 WIB

Unggul Gol Tandang Atas Nigeria, Ghana Raih Tiket ke Piala Dunia 2022

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Unggul Gol Tandang Atas Nigeria, Ghana Raih Tiket ke Piala Dunia 2022

AFP/PIUS UTOMI EKPEI
Para pemain Ghana merayakan kemenangan mereka atas Nigeria di laga playoff kualifikasi Piala Dunia 2022.

 

GHANA menjadi tim Afrika pertama yang memastikan tempat di Piala Dunia 2022 setelah bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Nigeria di Abuja, Rabu (30/3) dini hari WIB, dalam laga playoff kualifikasi zona Afrika.

Ghana berhak atas tiket ke Qatar melalui aturan gol tandang setelah di laga leg pertama, Jumat (25/3), kedua tim bermain imbang tanpa gol. 

Ghana akan ambil bagian di Piala Dunia keempat mereka setelah tampil dalam tiga Piala Dunia berturut-turut antara 2006 dan 2014.

Baca juga: Pelatih Minta Timnas Jepang Berbenah Usai Ditahan Imbang Vietnam

Thomas Partey mencetak gol bagi Ghana pada menit ke-10 dengan tembakan spekulatif dari luar kotak penalti, ketika bola menggeliat di bawah kiper Nigeria Francis Uzoho, yang seharusnya bisa melakukan penyelamatan yang nyaman.

Nigeria menyamakan kedudukan melalui penalti saat Denis Odoi menabrak Ademola Lookman di dalam kotak dan eksekusi William Troost-Ekong melesak keras di sudut atas gawang. Namun, tuan rumah tidak dapat meraih kemenangan yang mereka butuhkan.

Nigeria telah lolos di enam dari tujuh Piala Dunia sebelumnya sejak Piala Dunia di Amerika Serikat pada 1994 dan ketidakhadiran mereka dari turnamen tahun ini akan memicu penyelidikan dari otoritas sepak bola negara itu.

Dalam pertandingan di Stadion Moshood Abiola Abuja tersebut, Ghana lebih banyak bertahan dan jarang mengancam gawang lawan setelah mencetak gol awal tersebut.

Nigeria sempat mengira mereka berhasil mencetak gol kedua ketika Victor Osimhen membobol gawang Ghana, namun VAR menunjukkan dia telah berada di posisi offside.

Sejumlah peluang emas gagal membuahkan gol bagi Nigeria, di antaranya ketika sundulan Emmanuel Dennis melebar dan tembakan salto Osimhen melewati tiang gawang. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/ Fakhri Hermansyah

Shin Akui Performa Timnas U-19 Menurun di Babak Kedua

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 07 Juli 2022, 04:30 WIB
Shin menyebut dua hal yang membuat penurunan itu terjadi, yakni Marselino Ferdinan cedera pada menit akhir babak pertama, dan kebugaran...
AFP/Alberto PIZZOLI

Inter Milan Sepakat Pinjam Bellanova dari Cagliari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 07 Juli 2022, 04:15 WIB
Inter setuju mendatangkan Bellanova dengan status pinjaman dari Cagliari, yang disertai kewajiban membeli pada akhir periode...
AFP/Paul ELLIS

Pogba Semakin Merapat ke Juventus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 07 Juli 2022, 03:51 WIB
Pogba akan diikat dengan kontrak selama empat tahun dan pemain tersebut diharapkan akan melakukan tes medis serta penandatanganan kerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya