Rabu 30 Maret 2022, 04:25 WIB

Pelatih Minta Timnas Jepang Berbenah Usai Ditahan Imbang Vietnam

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Pelatih Minta Timnas Jepang Berbenah Usai Ditahan Imbang Vietnam

AFP/Charly TRIBALLEAU
Para pemain timnas Jepang bereaksi usai ditahan imbang Vietnam di laga kualifikasi Piala Dunia 2022

 

PELATIH timnas Jepang Hajime Moriyasu memperingatkan timnya bahwa mereka perlu berbenah diri jika ingin mencapai target lolos ke perempat final Piala Dunia 2022, setelah ditahan imbang 1-1 di kandang sendiri oleh Vietnam dalam laga kualifikasi terakhir zona Asia, Selasa (29/3).

Jepang sudah memastikan tempat di Piala Dunia untuk ketujuh kali berturut-turut setelah pekan lalu mengalahkan Australia.

Tapi, mereka mengakhiri kampanye mereka secara kurang mengesankan dalam pertandingan melawan Vietnam, yang hanya memperoleh tiga poin dari sembilan pertandingan di Grup B.

Baca juga: Kalahkan Korsel, UEA Buka Peluang Lolos ke Piala Dunia 2022

Moriyasu mengatakan dia ingin timnya mencapai setidaknya delapan besar untuk pertama kalinya di Qatar nanti dan dia mencari peningkatan setelah menurunkan susunan pemain eksperimental melawan Vietnam.

"Saya harus melihat ke masa depan, tetapi saya juga perlu memastikan kami memenangi setiap pertandingan saat itu datang," kata Moriyasu, yang menyaksikan kaptennya Maya Yoshida kehilangan peluang emas di akhir pertandingan.

"Kami meraih tempat Piala Dunia pekan lalu di Australia tetapi masih ada hal-hal yang perlu kami kerjakan. Kami memiliki target tetapi itu tidak berarti bahwa kami tidak akan melihat hal-hal dalam waktu dekat," lanjutnya seperti dikutip AFP.

Vietnam unggul lebih dulu pada menit ke-19 ketika Nguyen Thanh Binh menyundul langsung dari tendangan sudut dan tim tamu mempertahankan keunggulan mereka memasuki babak pertama.

Yoshida menyamakan kedudukan pada menit ke-54 tetapi Jepang tidak dapat membuat gol kemenangan meski melakukan tekanan keras di babak kedua, dan sebuah golnya dianulir oleh VAR.

"Para pemain melakukan yang terbaik tetapi kami harus menjalankan fungsi sebagai sebuah tim," kata Moriyasu.

"Agak sulit bagi para pemain di lapangan hari ini. Kami tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan susunan pemain ini, tetapi semua pemain harus siap," imbuhnya.

Jepang dan Arab Saudi telah mengamankan dua tempat kualifikasi otomatis di Grup B menuju putaran final Piala Dunia 2022, sedangkan peringkat tiga Australia punya peluang lewat playoff.

Vietnam, sebelumnya, kalah do semua pertandingan kecuali saat menjadi tuan rumah bagi Tiongkok. Pelatih tim Vietnam Park Hang-seo mengatakan hasil imbang dengan Jepang memiliki signifikansi yang nyata.

"Saya tidak punya apa-apa selain apresiasi untuk para pemain," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

"Itu hanya hasil imbang tetapi untuk mendapatkan hasil ini melawan Jepang adalah momen yang membanggakan bagi semua orang Vietnam," pungkasnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Christian Eriksen Gabung Ke Setan Merah

👤Widhoroso 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:27 WIB
PEMAIN asal Denmark, Christian Eriksen telah mencapai kesepakatan lisan untuk bergabung dengan Manchester United. Demikian diberitakan,...
Oli SCARFF / AFP

Phillips Pakai Nomor Punggung Bekas Kompany di Manchester City

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:52 WIB
Nomor punggung 4 di City sudah tiga tahun menganggur tanpa pemakai semenjak kepergian mantan kapten Vincent Kompany pada...
MARCO BERTORELLO / AFP

Napoli Berminat untuk Datangkan Paulo Dybala

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:08 WIB
Pihak Napoli belum berbicara lebih lanjut soal rincian finansial dari potensi kesepakatan dan lebih memilih untuk melihat lebih jauh proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya