Senin 28 Maret 2022, 07:30 WIB

Kanada Raih Tiket Piala Dunia Qatar Setelah 36 Tahun Berjuang

Dhika Kusuma Winata | Sepak Bola
Kanada Raih Tiket Piala Dunia Qatar Setelah 36 Tahun Berjuang

AFP
Pemain Kanada merayakan kemenangan setelah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Jamaika di BMO Field, Minggu (27/3/2022)

 

KANADA mengakhiri penantian panjang selama 36 tahun berlaga di putaran final Piala Dunia. Mereka berhasil mengamankan tiket ke Qatar usai mengalahkan Jamaika 4-0 pada laga babak playoff kualifikasi zona Concacaf, Senin (28/3) dinihari WIB.

Kanada bertengger di puncak klasemen kualifikasi Concacaf dengan koleksi 28 poin hasil 13 laga. Mereka menjadi tim pertama dari Concacaf yang lolos. Hasil itu menjadi pencapaian bersejarah karena Kanada terakhir kali tampil di Piala Dunia pada 1986.

Bermain di BMO Field, Toronto, Kanada membuka keran gol lewat Cyle Larin di menit ke-13. Jelang turun minum, Tajon Buchanan menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0.

Pada babak kedua, Junior Hoilett memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-83. Kedudukan berubah menjadi 4-0 akibat gol bunuh diri Adrian Mariappa di menit ke-88.

Usai peluit panjang dibunyikan, stadion pun menggema dengan nyanyian dari suporter. Laga itu juga tercatat sebagai pertandingan timnas putra yang paling banyak dihadiri penonton yakni 29 ribu orang. Maklum, selama ini timnas putra Kanada kalah bersinar dibandingkan timnas putri.

Perjalanan Kanada meniti langkah ke Qatar dilalui dengan susah payah dari bawah. Berbeda dengan tim unggulan di Concacaf seperti Meksiko dan Amerika Serikat yang langsung ke putaran final playoff.

Sebelum ini, Kanada terlebih dulu melewati Aruba, Bermuda, Kepulauan Cayman, Suriname, dan Haiti.

Sepanjang babak playoff, Kanada mengimbangi dominasi Meksiko dan Amerika Serikat. Mereka hanya menelan satu kali kekalahan yakni dari Kosta Rika.

Bagi Jamaika, kekalahan telak dari Kanada membenamkan mereka di posisi ketujuh klasemen dan dipastikan tak lolos ke Qatar.

Total tiga tim teratas zona kualifikasi Amerika Tengah dan Utara ini akan langsung lolos ke Piala Dunia 2022 sedangkan tim di urutan keempat akan melakoni playoff lanjutan berhadapan dengan wakil Oseania. (Goal/OL-13)

Baca Juga: Harapan Southgate, Kane Cetak Gol Terbanyak di Piala Dunia

Baca Juga

Twitter @moisescaideo55

Beralih dari Rabiot, MU Kini Incar Moises Caideo

👤Ant 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:51 WIB
Meski begitu, Manchester United dihadapkan oleh sikap Brighton yang menegaskan tidak akan menjual...
AFP

Everton Kejar Striker Tajam Blackburn

👤Ant 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:45 WIB
Dikabarkan target utama Everton tetap penyerang Chelsea Armando Broja, namun prosesnya...
Dok Inter Milan

Chelsea Dapatkan Gelandang Muda Cesare Casadei dari Inter Milan

👤Ant 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:39 WIB
Chelsea diyakini mengeluarkan dana sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp225...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya