Rabu 09 Maret 2022, 15:17 WIB

PSSI Hukum Persipura Lewat Pengurangan Poin Hingga Denda

Akmal Fauzi | Sepak Bola
PSSI Hukum Persipura Lewat Pengurangan Poin Hingga Denda

Antara
Pemain Persipura Jayapura saat berebut bola dengan pemain Bali United.

 

KOMITE Disiplin (Komdis) PSSI resmi menjatuhkan sanksi kalah 0-3, pengurangan tiga poin dan denda Rp250 juta kepada Persipura Jayapura pada Rabu (9/3) ini. 

Sanksi diberikan terkait aksi menolak main ketika berjumpa Madura United di Liga 1 2021-2022. Pertandingan Persipura kontra Madura United dijadwalkan pada pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Senin (21/2) lalu. 

Namun, Persipura yang ditunggu-tunggu di stadion tidak datang, hingga akhirnya laga pun batal digelar. Sebelumnya, Persipura sudah mengirim surat permohonan tertanggal 20 Februari 2022, yang menjelaskan kondisi tim tidak bisa bertanding, seusai hasil tes PCR keluar.

Baca juga: Persikabo Bermain Imbang Kontra Persipura 1-1

PT Liga Indonesia Baru (LIB) kemudian melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan bernomor 100/LIB-KOM/II/2022 menyebutkan, hasil negatif mencapai 21 pemain dan tujuh ofisial. 

Selain itu, Komdis PSSI juga menjatuhkan sanksi kepada Manajer Persipura Arvydas Ridwan Madubun terkait larangan beraktivitas di sepak bola nasional selama 12 bulan, serta sanksi Rp50 juta. Dia dinilai berperan aktif membuat laga Persipura vs Madura United gagal digelar.

Bukan hanya kepada pihak klub, PSSI juga menjatuhi hukuman PT LIB, selaku operator Liga 1. PT LIB dianggap lalai karena tidak bisa menjalankan regulasi kompetisi dengan benar. Komdis menjatuhkan denda Rp250 juta untuk PT LIB.

Baca juga: LIB tak buru-buru Persilakan Penonton Liga 1 2021-2022 ke Stadion

Sanksi itu membuat Persipura semakin berat untuk keluar dari zona degradasi. Kini, mereka memiliki 23 poin dari awalnya 26. Mutiara Hitam, julukan Persipura, tetap bertengger di peringkat ke-16 atau zona degradasi. 

Skuad asuhan Anggel Alfredo Vera akan menghadapi PSM Makassar pada Kamis (10/3) besok. Pemain Persipura Jayapura Brian Fatari menyampaikan bahwa sisa lima pertandingan Persipura yang harus dijalani ialah laga final untuk dirinya dan timnya.

"Persiapan seperti biasa untuk lawan PSM. Semua pertandingan adalah laga final untuk kami. PSM punya gaya bermain tersendiri dan begitu juga kami," jelas Fatari dalam konferensi pers virtual.(OL-11)

Baca Juga

AFP

Christian Eriksen Gabung Ke Setan Merah

👤Widhoroso 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:27 WIB
PEMAIN asal Denmark, Christian Eriksen telah mencapai kesepakatan lisan untuk bergabung dengan Manchester United. Demikian diberitakan,...
Oli SCARFF / AFP

Phillips Pakai Nomor Punggung Bekas Kompany di Manchester City

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:52 WIB
Nomor punggung 4 di City sudah tiga tahun menganggur tanpa pemakai semenjak kepergian mantan kapten Vincent Kompany pada...
MARCO BERTORELLO / AFP

Napoli Berminat untuk Datangkan Paulo Dybala

👤Mediaindonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:08 WIB
Pihak Napoli belum berbicara lebih lanjut soal rincian finansial dari potensi kesepakatan dan lebih memilih untuk melihat lebih jauh proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya