Rabu 29 September 2021, 04:46 WIB

Kenang Hunt, Liverpool Bantai Porto

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kenang Hunt, Liverpool Bantai Porto

AFP/MIGUEL RIOPA
Para pemain Liverpool melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Porto di laga Liga Champions.

 

LIVERPOOL memberikan penghormatan kepada mendiang Roger Hunt dengan Mohamed Salah dan Roberto Firmino mencetak dua gol saat the Reds menang telak 5-1 atas Porto di laga Liga Champions, Rabu (29/9) dini hari WIB.

Tim besutan Juergen Klopp memakai tali hitam di lengan untuk mengenang Hunt, mantan stiker Liverpool, yang meninggal dunia di usia 83 tahun.

Hunt merupakan bagian dari timnas Inggris yang menjadi juara Piala Dunia 1966 dan merupakan pemegang rekor gol Liverpool di liga dengan 244 gol.

"Roger Hunt tidak ada bandingnya dalam sejarah Liverpoo," tegas Klopp.

Baca juga: Ajax Raih Kemenangan Saat Jamu Besiktas

Liverpool mengenang Hunt dengan tampil dominan di Estadio do Dragao dan mencetak tiga dari lima gol mereka memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Porto Diogo Costa.

Tiga hari setelah mencetak golnya yang ke-100 di Liga Primer Inggris untuk Liverpool, Salah membuka kemenangan the Reds di babak pertama.

Sadio Mane kemudian menggandakan keunggulan Liverpool lewat gol keempatnya pada musim ini sebelum Salah mencetak gol keduanya ke gawang Porto selepas jeda.

Porto, yang bermain imbang dengan Atletico Madrid di laga pertama mereka di Grup B, memperkecil ketertinggalan mereka lewat aksi Mehdi Taremi.

Namun, Firmino, yang memanfaatkan kesalahan ketiga Costa mencetak gol keempat Liverpool sebelum penyerang Brasil itu membuat kedudukan menjadi 5-1 di akhir laga.

Liverpool memuncaki klasemen Grup B dengan raihan enam poin setelah di laga pertama menang atas AC Milan.

Kemenangan telak atas Porto itu menjadi hasil yang sempurna sebagai persiapan menghadapi Manchester City di laga Liga Primer Inggris, Minggu (3/10).

Porto mengawali laga dengan kehilangan bek Pepe, yang mengalami cedera saat pemanasan. Masalah klub Portugal itu berlipat setelah Otavio harus ditarik ke luar saat laga baru berlangsung 14 menit karena cedera hamstring.

Liverpool membuka keunggulan mereka pada menit 18. Curtin Jones, yang tengah tampil gemilang selama beberapa laga terakhir, merangsek pertahanan Porto sebelum melepaskan tendangan yang hanya ditahan dengan lemah oleh Costa. Bola liar kemudian disambar Salah yang sukses menjebol gawang Porto. 1-0 untuk the Reds.

Gol itu membuat Salah menjadi pemain Afrika ketga yang mencetak 3 gol di Liga Champions setelah Didier Drogba dan Samuel Eto'o.

Jordan Henderson, yang tampil di laga ke-400 untuk Liverpool, melepaskan tendangan yang menguji Costa namun penjaga gawang Porto itu sukses mengamankan gawangnya.

Namun, Costa kembali melakukan kesalahan yang membuat Liverpool sukses menggandakan keunggulan mereka pada menit 45.

James Milner melepaskan umpan mendatar dan Costa gagal mengantisipasinya sehingga Mane dengan mudah menjebol gawangnya.

Di awal babak kedua, Liverpool melanjutkan dominasi mereka dan Salah mencetak gol keduanya pada menit 60 memanfaatkan umpan Jones untuk menjebol gawang Costa.

Gol kedelapan Salah pada musim ini itu berarti penyerang Mesir itu telah mencetak gol di semua laga Liverpool pad amusim ini kecuali satu.

Gol sundulan Taremi pada menit 74 memperkecil ketertinggalan Porto saat lini pertahanan Liverpool lengah.

Terbangun oleh gol Taremi itu, Liverpool langsung membalas, dua menit kemudian ketika Costa keluar dari area penalti untuk mencegat umpan Jones namun bola disambar Firmino yang menceploskan bola ke gawang kosong.

Firmino kemudian memastikan Liverpool menang 5-1 lewat golnya di menit 81 memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Jones. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Twitter @CONMEBOL

CONMEBOL Tolak Ide Piala Dunia Dua Tahun Sekali

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:19 WIB
"Sepuluh negara yang membentuk CONMEBOL menegaskan tidak akan ambil bagian dalam Piala Dunia yang digelar setiap dua tahun...
AFP/KARIM JAAFAR

Xavi Terdepan untuk Gantikan Koeman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 10:28 WIB
Gelandang legendaris Barcelona itu disebut telah menerima penawaran untuk kembali ke...
AFP/Christof STACHE

Hernandez Selamat dari Ancaman Penjara Setelah Hakim Terima Bandingnya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 09:43 WIB
Penangguhan hukuman itu berlaku selama empat tahun dengan catatan Hernandez tidak melakukan kejahatan lain dan membayar denda sebesar 96...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya