Kamis 26 Agustus 2021, 19:30 WIB

Bali United Bertekad Patahkan Mitos Juara

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Bali United Bertekad Patahkan Mitos Juara

Antara
Pemain Bali United saat mempertahankan bola dari serangan pemain PSS Sleman di Piala Menpora 2021.

 

BALI United ingin menghapus mitos juara Liga 1 yang sulit mempertahankan gelar di musim berikutnya. Serdadu Tridatu berambisi mempertahankan gelar, meski dengan situasi kompetisi yang berbeda akibat pandemi covid-19.

Juara bertahan Liga 1 tersebut akan menghadapi Persik Kediri pada laga pembuka BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Duel kedua tim menandai kebangkitan sepak bola nasional, setelah lebih dari 1,5 tahun terhenti karena pandemi.

"Kita tahu di Indonesia lebih sulit mempertahankan juara. Tidak banyak tim juara dua kali berturut. Kami fokus untuk mempertahankan itu," ujar penyerang Bali United Ilija Spasojevic dalam jumpa pers virtual, Kamis (26/8).

Baca juga: Terinspirasi UMKM Lokal, Bali United Berjersey Motif Tie Dye

Beberapa tahun terakhir, belum ada tim juara kompetisi kasta tertinggi di Indonesia yang mampu pertahankan gelar. Pada musim 2020, Bali United hanya mampu bermain imbang 0-0 atas Persita Tangerang di laga perdana.

Namun, kompetisi kemudian terhenti dan dibatalkan akibat covid-19 mewabah di Tanah Air. Tentunya, akan banyak ujian dan rintangan yang harus dilalui skuad asuhan Stefano Cugurra.

Apalagi, kurangnya menit bermain akibat kompetisi ditunda, serta format kompetisi yang berbeda, menjadi tantangan tim Liga 1. "Kami sudah siap untuk laga besok. Kami berusaha maksimal sebagai juara bertahan," ujar Spaso, sapan karib IIlija.

Pelatih Bali United,  Stefano Cugurra, menyadari absennya kompetisi memengaruhi kondisi tim. Namun, pelatih berpaspor Brasil itu menegaskan para pemain siap untuk menjalani laga perdana.

"Kami lebih siap untuk menang dan semangat tinggi ada di dalam tim. Kami juga respect sama lawan, karena punya kualitas yang bagus," pungkas Teco, nama panggilannya.

Baca juga: Persebaya Tanpa Pemain Asing Di Awal Liga

Teco hanya membawa 22 pemain ke Jakarta. Serdadu Tridatu masih harus kehilangan Gunawan Dwi Cahyo di lini belakang, yang masih dalam masa pemulihan cedera.

Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, menyebut skuadnya sudah jauh lebih bagus ketimbang turnamen Piala Menpora 2021. Alhasil, pihaknya cukup optimistis meraih hasil positif pada laga perdana.

"Secara keseluruhan pemain dalam keadaan bagus. Kami siap fight dan tentu kita selalu ingin menang di setiap pertandingan," tutur Joko.

Joko menyebut timnya harus kehilangan kapten tim Andri Ibo dan pemain asing Dionatan Machado. Keduanya mengalami cedera di sesi latihan jelang bergulirnya Liga 1. Akan tetapi, pihaknya tidak khawatir karena memiliki pengganti yang sepadan.(OL-11)

Baca Juga

AFP/Ben STANSALL

Ronaldo Dituntut Beradaptasi Dengan Gaya Rangnick

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:41 WIB
CRISTIANO Ronaldo diminta untuk mengubah gaya bermain agar tetap menjadi andalan Manchester United era Ralf...
AFP/HANNAH MCKAY

Eriksen Mulai Jalani Latihan

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:29 WIB
KONDISI kesehatan pemain Inter Milan, Christian Eriksen dilaporkan semakin membaik. Eriksen saat ini mulai berlatih bersama klub lamanya,...
Twitter PSS Sleman

PSIS Waspadai Kebangkitan PSS

👤Ant 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:51 WIB
Pelatih PSS Sleman Dejan Antonic mengatakan persiapan timnya menghadapi PSIS sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya