Sabtu 12 Juni 2021, 04:29 WIB

Digunduli UEA, Timnas Indonesia Akhiri Kualifikasi Piala Dunia

Mediaindonesia.com | Sepak Bola
Digunduli UEA, Timnas Indonesia Akhiri Kualifikasi Piala Dunia

Antara/Aditya Pradana Putra.
Pelatih Shin Tae-yong (kanan) memberikan pengarahan kepada para pesepak bola dalam latihan Timnas Senior Indonesia.

 

INDONESIA mengakhiri kiprah dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6) malam waktu setempat. Disaksikan langsung melalui saluran resmi turnamen di Jakarta, Sabtu (12/6) dini hari, kelima gol UEA diciptakan oleh Ali Mabkhout (dua gol), Fabio de Lima (dua gol), dan Sebastian Tagliabue.

Indonesia memiliki kesempatan memperkecil kedudukan melalui tendangan penalti, tetapi eksekusi Evan Dimas ditepis kiper Ali Khaseif. Pada pertandingan itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan anak-anak asuhnya agar bertahan sejak menit pertama.

Namun, Shin hanya dapat memberikan perintah dari jauh lantaran dilarang mendampingi tim di tepi lapangan dan ruang ganti menyusul akumulasi kartu kuning yang diterimanya. Garis pertahanan yang rendah dari skuad Garuda membuat UEA leluasa membangun serangan dan menguasai pertandingan.

Gol pertama UEA pun hadir pada menit ke-22 melalui kaki Ali Mabkhout yang menyepak bola pantul hasil tendangan Khalfan Mubarak. Enam menit kemudian, Fabio de Lima mengonversi umpan silang Mahmoud Kamis menjadi gol dengan sundulannya.

Skuad Garuda memiliki peluang memperkecil kedudukan, tetapi tendangan penalti Evan Dimas pada menit ke-39 tak berujung gol. Penalti diberikan setelah bek UEA menyentuh bola dengan tangan. Skor 2-0 untuk keunggulan UEA bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Pada babak kedua, Indonesia tampil lebih menyerang dengan masuknya Egy Maulana, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Muhammad Rafli. Akan tetapi, UEA tetap tidak tergoyahkan. Tim asuhan Bert van Marwijk rutin menggebrak dan pada menit ke-49 memaksa  Adam Alis menjatuhkan Khalfan Mubarak dalam kotak terlarang.

Ali Mabkhout maju sebagai penendang penalti dan sukses menyarangkan bola. Itu menjadi gol kesepuluh Mabkhout dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pada menit ke-55, Fabio Lima menghadirkan gol keduanya yang lagi-lagi berkat assist Mahmoud Kamis.

UEA menutup pertandingan dengan skor 5-0 setelah pemain pengganti Sebastian Tagliabue menuntaskan serangan timnya dengan gol. Posisi Indonesia pun tak berubah dalam Grup G yaitu juru kunci dengan
hanya satu poin dari delapan pertandingan.

Evan Dimas dan kawan-kawan tak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda pun menjadi tim dengan pertahanan terburuk karena kebobolan 27 gol dan hanya membuat lima gol.

 

UEA menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup G dan masih harus bertarung melawan Vietnam untuk merebut posisi pertama agar melenggang langsung ke putaran ketiga. (Ant/OL-14)

Baca Juga

AFP

Manchester City Siapkan 100 Juta Pound Untuk Kane

👤Widhoroso 🕔Selasa 22 Juni 2021, 17:02 WIB
HARRY Kane dikabarkan bakal meninggalkan Tottenham Hotspur pada bursa transfer...
AFP

Fokus Swedia tak Hanya Mengarah pada Lewandowski

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 22 Juni 2021, 15:01 WIB
Meski Robert Lewandowski merupakan pemain terbaik Polandia, namun Swedia tetap memperhatikan keseluruhan tim lawan. Saat ini, Swedia...
OSCAR DEL POZO / AFP

La Furia Roja Bertekad Rebut Kemenangan Pertama

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:54 WIB
Bertanding di Stadion La Cartuja, Sevilla, Rabu (23/6) malam, Slovakia sebagai tim kuda hitam bisa jadi rintangan La Furia Roja...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya