Sabtu 06 Maret 2021, 02:50 WIB

Shin Tae-yong Soroti Mental dan Fisik Pemain Timnas

Widhoroso | Sepak Bola
Shin Tae-yong Soroti Mental dan Fisik Pemain Timnas

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Seorang pemain timnas menyundul bola saat uji coba dengan TIRA Persikabo, Jumat (5/3) di Jakarta.

 

KEMENANGAN timnas Indonesia atas TIRA Persikabo tidak lantas membuat pelatih Shin Tae-yong, gembira. Manajer pelatih skuad Merah Putih tersebut menilai permainan anak asuhnya tidak sesuai harapannya.

Dalam laga uji coba tersebut timnas Indonesia meraih kemenangan dua gol tanpa balas, di Stadion Madya, Senayan, Jumat (5/3) malam WIB. Kadek Agung dan Muhammad Rafli, menjadi pemain yang mengoyak gawang TIRA Persikabo.

Tae-yong, menyebut ada beberapa kelemahan yang terlihat di pertandingan tersebut. Maka dari itu, ia bakal menjadikan hasil uji coba melawan TIRA Persikabo, sebagai bahan evaluasi timnas Indonesia.

"Memang mental dan fisik. Dua-duanya sangat kurang, tapi kemauan pemain sangat baik, tapi untuk fisik pasti bisa diperbaiki satu dua hari. Para pemain bakal kembali ke klub dan harus menjaga fisiknya," kata Tae-yong, usai laga.

Kendati demikian, Tae-yong paham dengan penampilan timnas Indonesia. Mengingat, uji coba kontra TIRA Persikabo merupakan pertandingan perdana setelah hampir satu tahun sepakbola nasional vakum karena pandemi virus corona.

"Pemain bisa grogi di pertandingan pertama, sebenarnya saya mau tempo permainan naik, tapi ini bisa semakin baik ke depannya," ucap pelatih asal Korea Selatan.

Lebih lanjut, Tae-yong menjelaskan timnas Indonesia memiliki pemain yang berkualitas. Akan tetapi, sering kali kemampuan mereka tidak keluar karena lemahnya kondisi fisik.

"Sebenarnya pemain Indonesia mempunyai kemampuan yang baik, tapi karena fisik kurang, memengaruhi mental sehingga tidak bisa menunjukkan performa terbaiknya," tuturnya.

Sementara Kadek Agung, merasa ada berbeda pada laga uji coba tersebut. Ia tak bisa melakukan selebrasi ketika mencetak gol dengan rekan setimnya seperti biasanya.

"Akhirnya bisa main lagi di lapangan, walaupun ini cuma uji coba saya tetap bersyukur. Semoga ini jadi kebangkitan sepakbola di masa pandemi," kata Kadek.

"Kalau selebrasi tentunya sedikit tidak sesuai dengan yang kemarin-kemarin, bagaimanapun harus mengikuti protokol sehingga liga bisa berjalan," jelas Kadek

Hasil positif tersebut menjadi modal yang bagus untuk timnas Indonesia. Dua hari mendatang, Adam Alis dan kawan-kawan bakal melakukan uji coba melawan Bali United di lokasi yang sama. (Goal/OL-15)

Baca Juga

Laurence Griffiths / POOL / AFP

Lacazette Bantu Arsenal Gulung Sheffield United 3-0

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:30 WIB
Alexandre Lacazette membantu Arsenal menggulung tuan rumah Sheffield United 3-0 dalam laga pekan ke-31 Liga...
 MATTHEW CHILDS / POOL / AFP

MU Jaga Rekor Tandang Setelah Pecundangi Tottenham

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:20 WIB
Manchester United menjaga rekor laga tandang sempurna dalam Liga Inggris musim ini, tidak pernah kalah daam 16 kali pertandingan...
cultofcalcio.com

Antonio Conte: Inter Milan Mulai Terbiasa Hadapi Tekanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:30 WIB
Antonio Conte mengatakan Inter Milan mulai terbiasa menghadapi tekanan yang datang lantaran memimpin perburuan gelar scudetto Liga Italia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya