Senin 08 Juli 2019, 13:45 WIB

Gagal Juara Piala Afrika, Pelatih Mesir Dipecat

Rendy Renuki H | Sepak Bola
Gagal Juara Piala Afrika, Pelatih Mesir Dipecat

AFP/OZAN KOSE
Javier Aguirre

 

TIMNAS Mesir memutuskan memecat pelatih Javier Aguirre. Keputusan itu merupakan imbas tersingkrinya Mesir dari Piala Afrika 2019.

Langkah Tim Firaun--julukan Mesir--terhenti di babak 16 besar. Mereka harus mengubur ambisi juara di rumah sendiri usai dikalahkan Afrika Selatan 0-1, Minggu (7/7).

Padahal, Mesir menjadi favorit juara turnamen tersebut setelah menuai hasil gemilang di fase grup. Mereka memborong kemenangan dan menjadi salah satu tim tersubur dengan mencetak lima gol.

Kekalahan dari Afsel pun direspons Federasi Sepak Bola Mesir (EFA) dengan memecat Aguirre. Padahal, pelatih asal Meksiko itu belum genap setahun menangani Mohamed Salah Cs.

Baca juga: Aguirre Pasang Badan Atas Kegagalan Mesir di Piala Afrika

Aguirre ditunjuk EFA pada Agustus 2018 lalu usai gelaran Piala Dunia. Ia menjadi suksesor Hector Cuper yang sebelumnya menangani Timnas Mesir.

"Tentu saja saya bertanggung jawab atas kegagalan ini," kata pelatih 60 tahun tersebut dilansir dari BBC.

"Kami mencoba mencetak gol, tapi kami bertemu tim kuat dengan organisasi pertahanan yang kuat juga. Kami menciptakan beberapa peluang, tapi mereka adalah lawan yang bagus," sambungnya.

Masalah internal Timnas Mesir tidak berhenti sampai di situ usai gagal di Piala Afrika 2019. Usai memecat pelatih, Presiden EFA Hany Abo Rida juga ikut pergi.

Hany memutuskan menanggalkan jabatannya beberapa jam setelah Aguirre mundur. Pengunduran diri Hany merupakan bentuk tanggung jawab moral dirinya atas kegagalan Mesir di Piala Afrika 2019. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

PAUL FAITH / AFP

Sir Alex Ikuti Jejak Rashford Perangi Kemiskinan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 06:16 WIB
Mantan manajer Manchester United Alex Ferguson menggandeng striker Setan Merah Marcus Rashford dalam memerangi kemiskinan yang...
AFP

Tanpa CR7 Juventus Ditahan Imbang 1-1 Lawan Benevento

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 05:30 WIB
Juventus yang bermain tanpa Cristiano Ronaldo ditahan imbang 1-1 oleh...
Dok MI

Tentara Italia Berhasil Pindahkan Bom Sisa PD II di Klub Trigoria

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 05:00 WIB
Tentara Italia dipanggil ke pusat pelatihan AS Roma setelah ditemukan beberapa bom peninggalan Perang Dunia Kedua yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya