Senin 05 Juni 2023, 18:09 WIB

Praktisi Menilai Muhadjir Effendy Berperan Penting untuk Kemajuan Kebudayaan Indonesia

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Praktisi Menilai Muhadjir Effendy Berperan Penting untuk Kemajuan Kebudayaan Indonesia

MI/RAMDANI
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy

 

Kebudayaan menjadi bagian penting dalam membantu kemajuan sebuah negara dan bangsa. Kebudayaan bisa menjadi alat perekat sosial sekaligus alat melakukan national branding.

"Kekuatan nilai budaya inilah yang bisa menjadi modal Indonesia untuk tumbuh sebagai negara besar dan kuat di masa mendatang. Dalam hal ini, saya melihat ada peran dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy untuk memperkuat nilai kebudayaan Indonesia tersebut," kata Yusuf Susilo Hartono, praktisi kebudayaan sekaligus pengurus Bidang Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, saat berbincang di Jakarta.

Yusuf juga menyebut salah satu peran dari Muhadjir Effendy dalam lahirnya Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. "Saya kira peran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Profesor Muhadjir Effendy saat itu sangat besar dalam menggolkan UU No.5 Tahun 2017," kata dia melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Selasa (5/6).

Masih semasa menjabat sebagai Kemendikbudristek, Yusuf merasakan kepedulian Muhadjir Effendy terhadap proses lahirnya UU tentang Kebudayaan.

Ia merasa Indonesia sebagai negara besar dan memiliki kekayaan khasanah kebudayaan, perlu regulasi yang kuat terkait kemajuan kebudayaan. "Kami berniat memberikan masukan saja. Dipakai atau tidak, kami serahkan kepada pemerintah dalam hal ini Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek," kata dia.

Selanjutnya memasuki sisa masa jabatannya di eksekutif, Yusuf berharap agar Muhadjir Effendy memberikan perhatian kepada perkembangan kebudayaan daerah, khususnya di bidang pendanaan. "Ada dana abadi kebudayaan agar bisa didistribusikan lebih merata ke daerah-daerah. Ini juga menjadi perhatian harus diberikan," kata Yusuf.

Selain punya perhatian besar kepada kebudayaan, Yusuf juga melihat Muhadjir Effendy merupakan sosok yang tidak banyak menimbulkan kegaduhan semasa memimpin kementerian. "Selain berlatar belakang pendidik, beliau juga bukan pribadi yang kontroversial. Beliau juga humble orangnya," ujarnya. (RO/B-4)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kaesang Gabung PSI, PDIP Segan Jatuhkan Sanksi ke Jokowi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 29 September 2023, 16:56 WIB
Menurutnya, PDIP hanya berani sekadar mengingatkan Jokowi adalah petugas...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Megawati Yakinkan Kadernya Mampu Menangkan Ganjar

👤Sri Utami 🕔Jumat 29 September 2023, 16:53 WIB
KETUA Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta seluruh para kader dan simpatisan partainya untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada...
Antara

Kaesang ke PSI Sinyal Keretakan Jokowi dan PDIP

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 29 September 2023, 14:23 WIB
Pengangkatan Kaesang Pangarep jadi Ketum PSI disebut pengamat sebagai sinyal keretakan hubungan Jokowi dengan PDI Perjuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya