Senin 23 Januari 2023, 21:54 WIB

Survei Algoritma: Puan jadi Kandidat yang Paling Tidak Akan Dipilih

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Survei Algoritma: Puan jadi Kandidat yang Paling Tidak Akan Dipilih

MI/RAMDANI
Baliho Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani

 

LEMBAGA Riset dan Konsultansi Politik Algoritma merilis survei terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu yang diulas yakni tingkat resistensi atau penolakan kandidat calon presiden (capres).

“Tokoh publik yang lain yang sangat tinggi resistensinya yaitu enggak akan dipilih kalau mereka dicalonkan, yaitu Ibu Puan Maharani sampai 18,6 persen,” kata Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma Fajar Nursahid dalam diskusi di Jakarta, hari ini.

Hasil survei membeberkan Puan mendapat elektabilitas 0,4 persen. Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat angka penolakan 4,8 persen dan elektabilitas 16,6 persen.

Kemudian, angka penolakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 3,7 persen. Bakal capres Partai NasDem itu memiliki elektoral 18,7 persen.

Baca juga: Survei Capres: Ganjar, Anies baru Prabowo

"Resistensi publik kepada Pak Prabowo dan Pak Anies misalnya, hanya maksimal di 4,8 persen. Enggak sampai tinggi banget,” kata Fajar.

Selanjutnya, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka penolakan 3,3 persen dan elektabilitas 2,3 persen. Adapun figur lain dengan angka penolakannya di bawah 3 persen antara lain Erick Thohir, Zulkifli Hasan, Mahfud MD, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Airlangga Hartarto, sampai Sandiaga Uno.

Survei melibatkan 1.214 responden dengan usia di atas 17 tahun. Penelitian dilakukan pada 19-30 Desember 2022 menggunakan metode wawancara tatap muka dengan kuesioner.

Survei memiliki margin of error kurang lebih 3 persen. Jajak pendapat tersebut memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(OL-4)

Baca Juga

Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...
MI/Usman Iskandar.

Nama Bakal Calon Wakil Presiden Anies Baswedan Mulai Mengerucut

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:30 WIB
Parpol anggota Koalisi Perubahan terutama Tim Kecil terus melakukan pembahasan tentang sosok pendamping...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya