Selasa 10 Januari 2023, 20:26 WIB

Masyarakat Papua Diminta Hormati Proses Hukum Lukas Enembe

Marcelinus Kelen | Politik dan Hukum
Masyarakat Papua Diminta Hormati Proses Hukum Lukas Enembe

MI/Marcelinus Kelen
Gubernur Papua Lukas Enembe

 

SELURUH komponen masyarakat di Tanah Papua agar menghormati proses hukum yang saat ini sedang dihadapi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe. Hal itu diungkapkan tokoh masyarakat adat Kabupaten Keerom, Papua, Bonefasius Muenda.

Lukas Enembe ditangkap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (10/1) di Jayapura. Enembe kemudian langsung diterbangkan ke Jakarta melalui Manado, Sulawesi Utara.

Bonefasius mengatakan penangkapan terhadap Lukas Enembe adalah sebuah langkah maju. "Gubernur memang harus jalani pemeriksaan di KPK. Agar, jangan menjadi beban Pak Lukas. Kalau beliau sudah diperiksa berarti beban itu bisa hilang dan tidak hantui dia. Sebagai warga negara yang baik, wajib taat hukum," tuturnya kepada Media Indonesia, Selasa (10/1) malam.

Bonefasius yang juga mantan ketua Lembaga Masyarakat Adat Keerom itu berharap, dengan proses hukum Gubernur Lukas Enembe, bisa terungkap semua kasus atau masalah di Papua. Khususnya APBD dan dana otsus yang dinilai tidak bisa dinikmati masyarakat.

"Harapannya kalau memang salah, Pak Lukas diproses hukum dan sebaliknya jika tidak terbukti maka kembalikan ke Papua dan pulihkan nama baiknya. Kita semua berharap agar dalam pemeriksaan, Pak Lukas diperlakukan secara manusiawi," kata dia.

"Kepada saudara keluarga dan semua komponen masyarakat Papua harus menahan diri bersabar agar pak Lukas jalani proses hukum sesuai aturan. Mari kita semua sama-sama menjaga kamtibmas di Papua. Biar proses hukum dilakukan oleh yang berwenang," sambungnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Gusdurian Sebut Erick Thohir Punya Daya Magnet bagi Warga NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:41 WIB
Humaidi mengatakan terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Harlah adalah wujud kepercayaan para tokoh dan sesepuh NU Menteri BUMN...
Medcom/Anggi Tondi Martaon

Resmi Dibubarkan, Joman Lepas Baju dan Spanduk GP Mania

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:33 WIB
Instruksi tersebut kemudian diikuti seluruh pengurus dan simpatisan Joman dengan membuka baju kaos putih bergambar...
ANTARA

Presiden: Kemacetan tak Hanya di Jakarta Saja

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:33 WIB
Kemacetan juga terjadi di banyak kota besar seperti Medan, Bandung, Surabaya, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya