Sabtu 31 Desember 2022, 15:25 WIB

Lembaga Riset UI Sebut Anies Paling Populer di Jagat Maya

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Lembaga Riset UI Sebut Anies Paling Populer di Jagat Maya

MI/Amir MR
Anies Baswedan

 

KANDIDAT calon presiden Anies Baswedan yang diusung Partai NasDem disebut salah satu kandidat populer di ruang siber selama. Hasil kajian dari lembaga survei, Forum Diskusi Salemba (FDS) Universitas Indonesia Research and Consulting, menunjukkan per September 2022 ada 478.942 penyebutan Anies di ruang siber.

Lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo yang digadang-gadang potensial menjadi calon presiden dengan 264.545 penyebutan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani 174.435 dan Menteri Pertahanan Prabowo dengan 114.649 penyebutan.

"Kepopuleran Anies terjadi diikuti dengan tingginya interaksi warganet terhadap kandidat, berupa like, share, comment, reply selama September 2022," ujar CEO FDS UI Rulli Nasrullah, Jumat (30/12).

Untuk interaksi terhadap warganet, Puan disebut ada pada peringkat keduanya diduduki oleh Puan dengan 1.121.443, kemudian Ganjar Pranowo dengan 949.060, dan Prabowo Subianto tetap di akhir dengan 420.035. Rulli menjelaskan interaksi yang dimaksud adalah komunikasi dua arah antara kandidat dan warganet.

"Sedangkan untuk kandidat cawapres paling populer di ruang siber pra deklarasi Anies, nama (Ketua Umum Partai Demokrat) Agus Harimurti Yudhoyono berada di posisi terdepan selama September 2022 dengan 382.438 mention (penyebutan)," ujarnya.

Selanjutnya, sambung Rulli, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di posisi kedua dengan 302.832, diikuti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar 41.474, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dengan 24.764 mention.

Baca juga: Partai Ummat Ikut Pemilu 2024, Amien Rais: Keindahan Demokrasi

"Popularitas Agus menunjukkan peningkatan secara konsisten sejak Juli, dan drastis melonjak September 2022. Pemicunya adalah kritik keras Agus kepada pemerintah terkait naiknya harga-harga kebutuhan pokok dan bahan bakar minyak," terangnya.

Ia menyampaikan untuk popularitas Erick Thohir cenderung stabil selama periode Juli-September 2022. Adapun Muhaimin dan Airlangga menunjukkan tren dilihatnya terus meningkat, meskipun jauh di bawah Agus dan Erick.

Rulli menjelaskan hasil pemetaan percakapan publik di media sosial dan pemberitaan di media online oleh FDS UI Research & Consulting dilakukan sejak Juli 2022.

Hal itu menyangkut kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (wapres) yang diprediksi berpeluang maju di Pilpres 2024. Pemetaan dibagi dalam dua periode yakni sebelum deklarasi Anies Baswedan oleh Partai NasDem dan setelahnya pada Oktober san November.

"Deklarasi capres Anies Baswedan oleh Partai NasDem membuat kepastian pembentukan poros di luar pemerintahan semakin membesar," terang Rulli. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Gencarnya Silaturahmi Parpol akan Kurangi Potensi Turbulensi Politik

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:48 WIB
Golkar tetap membuka komunikasi dengan partai-partai lain. Kunjungan parpol ke Golkar untuk menjalin silaturahmi politik dan menjaga...
MI/Susanto

KPK: Kabar Penyitaan Harta Pimpinan KPK Hoaks

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:24 WIB
KPK memastikan informasi mengenai penyitaan harta pimpinan KPK yang tersimpan di luar negeri adalah tidak benar alias...
Antara

Gusdurian Sebut Erick Thohir Punya Daya Magnet bagi Warga NU

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:41 WIB
Humaidi mengatakan terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Harlah adalah wujud kepercayaan para tokoh dan sesepuh NU Menteri BUMN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya