Rabu 28 Desember 2022, 16:00 WIB

PPATK Identifikasi Pendanaan Teroris Gunakan Aset Kripto

Fachri Audhia H | Politik dan Hukum
PPATK Identifikasi Pendanaan Teroris Gunakan Aset Kripto

MI/Susanto
Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana (kiri)

 

KEPALA Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengidentifikasi modus pendanaan terorisme berdasarkan analisis yang dilakukan sepanjang 2022. Salah satu pendanaannya melalui penggunaan aset kripto.

"Modus pendanaan terorisme dapat diindentifikasi penggunaan aset kripto," kata Ivan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (28/12).

Ivan membeberkan alur pendanaan terorisme itu. Pada tahap pengumpulan dana melalui sponsor pribadi. Lalu, penyimpangan pengumpulan donasi melalui organisasi masyarakat (ormas) dan usaha bisnis yang sah.

"Dari hasil analisis PPATK diketahui adanya dugaan pendanaan terorisme melalui penyimpangan pengumpulan dana donasi melalui yayasan yang berorientasi pada kegiatan sosial kemanusiaan, amal, dan keagamaan," ujar Ivan.

Baca juga:  Jaga Stabilitas Kawasan, BNPT Kerja Sama dengan Vietnam Cegah Terorisme

Kemudian, pada tahap pemindahan dana, melalui penyedia jasa keuangan. Lalu, pembawaan uang tunai lintas batas dan menggunakan metode pembayaran terkini.

Pada tahap penggunaan, dana digunakan untuk pembelian senjata dan bahan peledak. Kemudian, pelatihan penggunaan senjata dan biaya perjalanan dari ke lokasi aksi terorisme.

PPATK, ucap Ivan, sudah menyampaikan informasi terkait pendanaan dan aktivitas terorisme tersebut kepada Badan Intelijen Negara (BIN), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta otoritas negara lain. Total informasi terkait pendanaan teroris itu mencapai 131 laporan sepanjang 2022.

"Di samping itu, PPATK juga telah menyampaikan informasi kepada BIN dan Polri terkait aktivitas satu rekening yang diduga digunakan untuk aktivitas salah satu organisasi yang telah dilarang oleh Pemerintah RI," tukas Ivan.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya