Selasa 27 Desember 2022, 13:40 WIB

Ketum NasDem, Demokrat, dan PKS segera Bahas Pendamping Anies Baswedan

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Ketum NasDem, Demokrat, dan PKS segera Bahas Pendamping Anies Baswedan

ANTARA/IGGOY EL FITRA
Calon presiden yang telah dideklarasikan Partai NasDem Anies Baswedan saat safari politik di Pantai Panjang, Padang, Minggu (4/12/2022).

 

PEMBAHASAN terkait sosok yang akan mendampingi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dari Partai NasDem terus dimatangkan. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NasDem Hermawi Taslim mengatakan akan ada pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan pimpinan Partai Demokrat serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam waktu dekat guna membahas kemungkinan koalisi ketiga partai tersebut.

"Rencana koalisi dengan PKS dan Partai Demokrat kan on process (dalam proses) menuju finalisasi, utamanya soal pencalonan Anies, sudah hampir rampung," ujar Taslim ketika dihubungi, Selasa (27/12).

Menurut Taslin, pertemuan antarpucuk pimpinan partai akan dilakukan setelah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh selesai menjalani pengobatan di luar negeri.

"Saya perkirakan setelah Pak Surya Palon kembali dari luar negeri bulan depan, akan ada pertemuan puncak antara Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Majelis Syuro PKS," tuturnya.

Partai NasDem, ujar Taslim, berharap semoga sudah ada titik terang deklarasi dalam waktu dekat mengenai sosok calon wakil presiden yang akan disandingkan dengan Anies Baswedan, Taslim mengatakan hal itu akan dibahas saat pertemuan.

"Kayaknya akan dibahas oleh beliau-beliau pada saat yang bersamaan. Peluang para kandidat untuk capres masih terbuka baik dari partai maupun dari luar," terangnya.

Saat ditanya mengenai harapan NasDem mengenai calon wakil presiden, Taslim menuturkan partainya memberikan kebebasan pada Anies Baswedan untuk memilih sosok yang dianggap tepat.

"Hanya kalau NasDem ditanya, NasDem menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Anies untuk menentukan wapresnya. Karena beliau lah yang nanti akan mengemban tugas selama 5 tahun bersama wapres," sambungnya.

Seperti diberitakan, Partai Demokrat berupaya mengusung ketua umumnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono, sedangkan pilihan PKS mengerucut pada Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan yang telah menjadi Gubernur Jawa Barat dua periode. Nama lain yang digadang-gadang adalah Andika Perkasa mantan Panglima TNI yang ada dalam konvensi terbuka NasDem saat Rapat Kerja Nasional pada Juni 2022.

"Oh ya, Pak Andika juga masuk dalam radar salah satu kandidat sosok cawapres adalah seorang nasionalis, berwawasan kebangsaan dan berkarakteristik ke-indonesiaan yang menjunjung tinggi kemajemukan/ pluralisme, yang compatible dengan Anis yang juga memiliki kriteria itu," tutur Taslim. (P-2)

Baca Juga

Antara

Auditor Sebut Laba Duta Palma Kurang dari Rp2 Triliun Sejak 2004

👤Mediainonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 02:03 WIB
Florus menjabarkan akumulasi keuntungan tersebut, yakni Rp 1,3 triliun muncul dari sisi laporan laba...
Antara/Sigid Kurniawan.

Survei: 65% Pemilih PKS Pilih Anies Baswedan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:58 WIB
Salah satu yang diulas yakni kecenderungan pemilih Partai Keadilan Sejahtera...
Antara

Jelang Pemilu 2024, Polri: Terorisme Masih Jadi AncamanĀ 

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:41 WIB
Polri melalui Densus 88 Antiteror terus melakukan upaya preventive strike, yang bertujuan mencegah tindak pidana terorisme saat pesta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya