Senin 14 November 2022, 13:18 WIB

77% Warga Jakarta Puas Terhadap Kinerja Anies Baswedan

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
77% Warga Jakarta Puas Terhadap Kinerja Anies Baswedan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Bakal calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan

 

DIREKTUR Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam, mengungkapkan, 77% masyarakat Jakarta memiliki kepuasan tinggi terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indostrategic tentang Evaluasi Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (2017-2022) dan Dampaknya terhadap Arah Perilaku Politik Warga Jakarta Menuju Pemilu 2024.

"Tingkat kepuasan itu semakin tinggi ketika masyarakat ditanya berdasarkan jenis program unggulan yang ada. Mulai dari penyelenggaraan Formula E (58,2%), pembangunan RPTRA (87,7%), pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS (81,1%), Transportasi Umum Terintegrasi (JakLingko) sebesar 85%, revitalisasi Taman Ismail Marzuki (78,8%), naturalisasi sungai (67,1%), kartu kesejahteraan (81,1%)," kata Ahmad dalam keterangan resmi, Senin (14/11).

Penilaian positif masyarakat ini berpeluang menjadi bekal politik sekaligus catatan track record kepemimpinan Anies yang memadai, untuk maju dalam beragam kontestasi politik ke depan.

Pendukung partai-partai politik nasional di DKI Jakarta mayoritas mengaku puas terhadap kinerja Anies-Riza.

Kepuasan itu berasal dari pendukung Demokrat (80,3%), Gerindra (87,2%), Golkar (81,7%), Nasdem (83,6%).

Baca juga: Km 24 Tol Jakarta-Merak Tergenang akibat Luapan Sungai Sabi

"Bahkan, banyak juga pendukung PDIP juga ternyata mayoritas merasa puas (59,1%) terhadap kinerja pemerintahan Anies-Riza di Pemprov DKI Jakarta," tuturnya.

Setelah lima tahun memimpin DKI Jakarta, Anies Baswedan tampak berhasil mengonsolidasikan basis dukungan politiknya. Di Jakarta, popularitas Anies mencapai 98,2%, sedangkan ketersukaan masyarakat pada Anies mencapai 81,4%

Mayoritas kesukaan masyarakat DKI Jakarta pada Anies dipengaruhi oleh penilaian terhadap aspek sikap ramah dan sopan-santun (20,7%), hasil kinerja (16,5%), tegas-berwibawa dan bijaksana (10,7%), merakyat (7%), pintar dan berpendidikan (6,9%). Sehingga Anies cukup mudah memenangi kategori Top of Mind Cagub DKI Jakarta (2024-2029) mendatang, dengan elektabilitas 19,3%, baru disusul Basuki Tjahaja Purnama yang terpaut jauh diangka 7,9%, Sandi Uno 5,4%.

"Dengan bekal popularitas dan ketersukaan yang memadai, nama Anies tampil dominan kategori Top of Mind Capres 2024 di mata warga DKI Jakarta. Dalam kategori Top of Mind Capres, elektabilitas Anies berada di peringkat pertama angka 30,80%, disusul Ganjar Pranowo (15,2%), Joko Widodo (6,58%), sedangkan Prabowo di angka 5,5%," sambungnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.Ant

Saat Gus Mus, Iwan Fals, Kang Emil dan Sujiwo Tejo Merespon Kode Rambut Putih Jokowi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 05:51 WIB
SOAL kode "rambut putih" hari-hari belakangan ramai jadi perbincangan netizen, usai Presiden Joko Widodo menyinggungnya sebagai...
Dispenal

Penunjukkan Yudo Margono Dinilai sebagai Upaya Pemenuhan Janji Politik Jokowi

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:21 WIB
Penunjukkan Yudo Margono dinilai sebagai upaya pemenuhan janji politik menjadikan Indonesia sebagai poros maritim...
MI/Adam Dwi

MK Tolak Permohonan Advokat Soal Saksi Dapat Pendampingan Hukum

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 30 November 2022, 21:06 WIB
MK menegaskan pendampingan saksi oleh penasihat hukum (advokat) dalam pemeriksaan perkara pidana penting. Namun, materi dimaksud tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya