Jumat 11 November 2022, 21:05 WIB

3 Pj Gubernur DOB Papua Dilantik, Bukti Jokowi Terapkan Kesetaraan Gender

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
3 Pj Gubernur DOB Papua Dilantik, Bukti Jokowi Terapkan Kesetaraan Gender

dok.ist
Tim Kajian Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, Willem Wandik

 

TIM Kajian Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, Willem Wandik mengatakan pelantikan tiga Penjabat (Pj) Gubernur DOB Papua, jadi bukti sejarah Indonesia yang meresmikan satu kali untuk tiga provinsi baru di Tanah Papua. Yakni, Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

"Ini adalah sesuatu yang baik membawa angin segar kesejahteraan bagi orang Papua. Oleh karena itu, saya mewakili warga Papua menyampaikan terima kasih kepada Negara Republik Indonesia memberikan tiga provinsi ini. Jadi kita di Papua mendapatkan 5 provinsi,” ujar Wandik.

Bupati Puncak itu juga menyampaikan terima kasih sebagai perwakilan masyarakat Papua kepada Presiden Jokowi dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian atas dilantiknya tiga Penjabat Sementara Gubernur DOB Papua pada Jumat (11/11/2022).

“Sebagai warga Papua, kami mengungkapkan bersyukur kepada Tuhan karena hari ini menjadi kenyataan sejarah baru dimana Bapak Presiden sebagai ayah, sebagai seorang ayah melihat Papua,” papar Wandik di Kantor Kementerian Dalam Negeri.

Wandik berharap tiga putra-putri asal Papua yang dilantik menjadi pemimpin terbaik di tiga provinsi baru tersebut fokus dalam kesetaraan gender.

"Di dalamnya Pak Presiden melihat ada hal yang luar biasa, yaitu kesetaraan dalam gender, dua putra terbaik orang Papua dan satunya putri Papua (Ribka Haluk). Saya bangga Pak Presiden tidak hanya melihat laki-laki, tapi melihat perempuan juga," tuturnya.

"Ini makna yang luar biasa. Jadi provinsi hadir keduanya harus bangkit. Selain itu Dengan diresmikannya 3 provinsi baru ini perjuangan bapak Presiden Jokowi untuk infrastruktur, pemerataan ekonomi, pembukaan lapangan pekerjaan sudah lengkap di keseluruhan Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu, Wandik berharap kedepannya generasi penerus Tanah Papua harus memanfaatkan keberadaan tiga provinsi baru dengan menempuh pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi, baik perempuan maupun laki-laki.

“Ini peluang lapangan kerja sudah dibuka. Mari kita manfaatkan peluang ini dengan baik, ini hal positif. Peluang haru kita manfaatkan, ini penting sekali,” ucapnya.

Kemudian, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk menuturkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang telah memberikan kepercayaan amanah untuk memimpin wilayah Papua Tengah.

Ribka berjanji akan melaksanakan amanah tersebut dengan baik. Dirinya juga akan melaksanakan beberapa agenda nasional yang sangat mendasar diantaranya persiapan pemilu 2024.

"Lalu bagaimana membangun infrastruktur seperti visi misi Bapak Presiden serta pendidikan, kesehatan dan seterusnya. Lebih penting dari itu kita menata birokrasi, karena infrastruktur pemerintahan juga belum siap. Tugas saya menyelesaikan itu,” kata Ribka.

Disamping itu, Ribka mengajak seluruh generasi muda perempuan Indonesia, khususnya perempuan asal Papua untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam berkarya kepada bangsa dan negara.

Sebab, Ribka merupakan perempuan asal Papua yang dilantik menjadi Penjabat Gubernur Papua Tengah. "Saya harap perempuan di Indonesia, khusus di Papua lebih terus meningkatkan kapasitasnya supaya bisa berkompetisi menyumbangkan sumber daya manusia (SDM) bagi nusa, bangsa dan negara,” pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga

dok: googlemap

Silaturrahmi Kebangsaan Anies di Aceh Dipindah ke Lapangan Bola Pango Raya

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:30 WIB
PANITIA menggantikan lokasi acara silaturrahmi itu dari rencana sebelumnya di Taman Ratu Safiatuddin, kini dipindah ke Lapangan Bola Kaki...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Izin Safari Politik Anies dicabut, NasDem: Positive Thinking aja Dulu

👤 Andhika Prasetyo 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:26 WIB
Johnny mengatakan, semestinya, pemerintah daerah memberi dukungan terhadap kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas demokrasi...
MI/Moh Irfan.

Safari Anies di Riau juga Terkendala Pemda Setempat

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:14 WIB
Rencana safari bakal calon presiden (capres) Partai NasDem di Kota Aceh mengalami kendala. Bahkan, hal serupa juga terjadi di Pekanbaru,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya