Kamis 10 November 2022, 12:47 WIB

DPR Apresiasi Ketegasan Kapolri Tindak Anggota Langgar Hukum

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
DPR Apresiasi Ketegasan Kapolri Tindak Anggota Langgar Hukum

ANTARA/Didik Suhartono
Sejumlah polisi mengikuti Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Polda Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur.

 

ANGGOTA Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan pimpinan Polri telah melakukan pembenahan internal untuk meningkatkan kembali kepercayaan publik kepada Korps Bhayangkara usai berbagai peristiwa yang menyeret anggotanya.

Cucun menilai Polri juga melakukan langkah serius untuk kian dekat dengan masyarakat. Mulai dari meningkatkan silaturahmi ke tokoh masyarakat hingga mengenalkan program Presisi yang menjadi bagian dari reformasi kultural.

"Ini menjadi bukti bahwa ada pembenahan serius yang dilakukan pimpinan Polri, baik terkait manajemen institusi maupun pengelolaan manajamen sumber daya manusia Polri,” kata Cucun kepada wartawan, Kamis (10/11).

Baca juga: Kasus Ginjal Akut Anak Diduga Kejahatan yang Sistemik

Ketua Fraksi PKB tersebut menyatakan Polri juga melakukan banyak terobosan untuk meningkatkan kualitas kinerja. 

Polri, misalnya, berusaha keras untuk mengubah citra mudah disogok dalam pengurusan perkara pidana dengan meningkatkan layanan berbasis digital.

"Mulai dari pengurusan SIM, penindakan pelanggaran di lapangan, hingga manajemen pelaporan masyarakat telah disediakan layanan digital,” ujarnya.

Dalam tiga tahun terakhir, kata Cucun, Polri juga menunjukkan peran besar dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19. 

Menurutnya, Polri selalu berada di garda depan dalam menyosialisasikan bahaya covid-19, mengendalikan kerumunan, hingga memasifkan program vaksinasi.

Ia mengakui, saat ini, memang banyak sorotan publik ke Polri terkait ulah beberapa anggota Bhayangkara. Kendati demikian, pihaknya memberikan apresiasi tinggi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menunjukkan ketegasan dengan mengedepankan pendekatan hukum tanpa pandang bulu. 

"Justru yang harus diapresiasi dalam berbagai kasus yang muncul ke publik dan melibatkan anggota adalah ketegasan pimpinan Polri. Anda bisa bayangkan jika tidak tegas bisa saja mereka menutup-nutupi kasus-kasus tersebut dengan berbagai skenario maupun modus tertentu,” ujarnya.

Cucun pun mengapresiasi hasil survei Gallup Global Law and Order Index 2022 yang menempatkan Polri sebagai lembaga penegak hukum urutan ke-5 terbaik dunia. Fakta ini tentu menjadi angin segar bagi Korps Bhayangkara di tengah banyaknya sorotan publik terkait ulah oknum anggota yang mencoreng nama lembaga. 

“Gallup Global merupakan lembaga kredibel yang biasa melakukan survey global terkait kinerja instutusi polisi di seluruh dunia. Jika kemudian mereka menempatkan Polri di peringkat kelima terbaik tentu dengan indikator-indikator yang bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (RO/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

KPU Umumkan Penyerahan Dukungan Bakal Calon DPD

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:53 WIB
KPU mempersilakan para bakal calon DPD untuk mengajukan surat permohonan aktivasi akun aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon)...
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Dukungan Arus Bawah PAN ke Anies Tak Bisa Dibantah

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:22 WIB
Dia mengatakan banyak kader PAN yang sebenarnya mendukung Anies Baswedan. Sehingga, pasti ada pembelahan di tubuh PAN terkait perkara...
MI/BAYU ANGGORO

Hari Antikorupsi Sedunia di Bandung Dibiayai KPK

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:10 WIB
Hari Antikorupsi Sedunia yang dipusatkan di Jawa Barat, juga digelar di enam provinsi beserta kabupaten dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya