Senin 07 November 2022, 15:27 WIB

Polisi Humanis dan Profesional Amankan KTT G20

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Polisi Humanis dan Profesional Amankan KTT G20

DOK Kemenkominfo.
Kepala Kepolisian Negara RI (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan).

 

KEPALA Kepolisian Negara RI (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajarannya yang terlibat dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bekerja profesional dan penuh tanggung jawab demi menjaga kredibilitas bangsa di mata dunia. Ia pun menegaskan pihaknya akan mengedepankan pendekatan humanis, tetapi tetap tegas dalam menghadapi segala situasi yang muncul.

Demikian disampaikan Kapolri ketika memberikan sambutan Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung 2022 dalam Rangka Pengamanan KTT G20 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar Bali, Senin (7/11). Dalam operasi KTT G20 nanti, polisi akan bertanggung jawab terhadap keamanan berlapis di ring tiga. "Khusus ring tiga ialah lapisan terluar yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Polri dituntut untuk menampilkan sosok pengamanan yang humanis, ramah, tetapi tegas ketika dibutuhkan, sehingga mampu mereduksi potensi ancaman keamanan yang mengganggu jalannya KTT G20," tegas Listyo.

Turut hadir dalam kegiatan apel ialah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, dan Kepala Kepolisian Daerah Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra. "Lakukan langkah-langkah pegamanan kepolisian secara humanis tetapi tetap tegas berdasarkan asas profesional, proporsional, dan akuntabilitas," pesan Kapolri.

Selain itu, Kapolri meminta para pimpinan polisi setiap tingkatan harus turun langsung guna memantau pengendalian dan pengawasan melekat di lapangan. Ia mengharapkan agar segala tindakan personelnya sesuai dengan aturan dan standard operation procedure (SOP) yang berlaku. 

Polisi yang bertugas, tegasnya, tetap atensi mengantisipasi segala kemungkinan situasi kontingensi. Situasi tersebut di antaranya pelanggaran lalu lintas, kriminalitas, huru hara, teror hingga kebencanaan.

Dalam menjalankan tugas selama KTT G20 ini, Kapolri menegaskan agar mengendepankan kerja sama, sinergitas, dan soliditas dengan seluruh pihak terkait. Penguatan komunikasi publik juga penting dalam mengambil tindakan. Apalagi, lanjutnya, tugas pengamanan konferensi internasional ini merupakan amanah mulia demi nama baik Indonesia di mata dunia. 

Kapolri mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan untuk betul-betul menjaga kehormatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Indonesia untuk perhelatan internasional. Presiden mengharapkan agar polisi dapat memitigasi segala kemungkinan hingga titik minimal. Ini karena keberhasilan penyelenggaraan KTT G20 mampu meningkatkan kredibilitas bangsa ini di mata dunia.

Rasa bangga dan apresiasi kepada polisi yang bertugas karena hingga Senin ini, seluruh rangkaian kegiatan yang berjalan dan menuju puncak KTT G20 pada 15-16 November 2022 terpantau aman dan nyaman. "Mari kita terus pertahankan," tegas Kapolri. Polri menyelenggarakan Operasi Puri Agung 2022 guna menyertai pengamanan KTT G20, mulai 8-17 November 2022. Operasi ini mencakup di tiga wilayah, yaitu Polda Bali, Polda Jatim, dan Polda NTB.

Dalam operasi tiga wilayah ini, Polri mengerahkan 9.700 personel dengan 3.669 personel dipasukan cadangan yang ada di markas komando Brimob dan 11 satuan Brimobda. Mereka merupakan pasukan yang memiliki kemampuan khusus dan teknologi modern yang terintegrasi dengan pusat komando atau command center.

Seusai menggelar apel gelar pasukan, Kapolri bersama Panglima TNI Andika Perkasa memeriksa seluruh peralatan di lapangan. Peralatan tersebut di antaranya kendaraan listrik baik roda dua, kendaran roda empat yang akan digunakan selama KTT G20, pesawat nirawak atau drone, kendaraan lapis baja, unit reaksi cepat, hingga kendaraan tim medis dan inavis. (RO/OL-14)

Baca Juga

ANTARA

KPU Umumkan Penyerahan Dukungan Bakal Calon DPD

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:53 WIB
KPU mempersilakan para bakal calon DPD untuk mengajukan surat permohonan aktivasi akun aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon)...
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Dukungan Arus Bawah PAN ke Anies Tak Bisa Dibantah

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:22 WIB
Dia mengatakan banyak kader PAN yang sebenarnya mendukung Anies Baswedan. Sehingga, pasti ada pembelahan di tubuh PAN terkait perkara...
MI/BAYU ANGGORO

Hari Antikorupsi Sedunia di Bandung Dibiayai KPK

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:10 WIB
Hari Antikorupsi Sedunia yang dipusatkan di Jawa Barat, juga digelar di enam provinsi beserta kabupaten dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya