Selasa 04 Oktober 2022, 16:04 WIB

Brigitta Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri Terkait Pencemaran Nama Baik

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Brigitta Lasut Laporkan Komika Mamat Alkatiri Terkait Pencemaran Nama Baik

Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
Hillary Brigitta Lasut

 

ANGGOTA DPR RI Hilarry Brigitta Lasut melaporkan komedian Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Laporan tersebut teregister dengan Nomor: LP/B/5054/X/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA pada Senin (3/10). Dalam laporan itu, Brigitta diwakili kuasa hukumnya Muhammad Fauzan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan laporan tersebut. Ia mengatakan laporan tersebut berawal dari talkshow yang dihadiri Brigitta dan Mamat. 

Baca juga: Polisi Sebut Lesti Kejora Alami Pergeseran Tulang Leher

Dalam talkshow itu, Brigitta mendapat roasting dari Mamat. Roasting merupakan istilah dalam stand up comedy yang disebut sebagai lawakan yang ditujukan untuk seseorang.

Namun, Brigitta tidak terima dengan apa yang disampaikan Mamat, karena memuat kata-kata kasar.

"Dalam roasting tersebut terlapor menggunakan kata yang kurang sopan seperti kata "tai" dan "goblok". Atas kejadian tersebut korban merasa telah dicemarkan nama baiknya," kata Zulpan, melalui keterangannya, Selasa (4/10).

Atas kejadian itu, Brigitta melaporkan Mamat ke kepolisian menggunakan Pasal 310 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Berdasarkan video yang dihimpun Media Indonesia, Mamat akeberatan dengan pernyataan Brigitta yang bilang roasting harus memunculkan solusi. Menurut Mamat, justru anggota dewan yang harus mencari solusi karena perwakilan rakyat.

"Karena dia bilang bahwa, satu dia bilang bahwa kalau suka me-roasting dan lain-lain jangan kasih kritik, kasih solusi, ini orang nggak mikir ya, kita pajak kita dikeluarin untuk bayar orang-orang ini buat cari solusi kenapa suruh kita yang cari solusi lagi. Yang tugas cari solusi itu mereka, kita kapasitasnya ngritik ya teman-teman," ujarnya.

Mamat juga mengkritik pernyataan Brigitta yang mengajak anak muda masuk politik. Mamat menyebut masuk politik juga membutuhkan uang dan menyebut kata-kata yang dinilai Brigitta kasar.

"Terus yang kedua, jangan takut masuk ke dalam politik, eh t*i. Coba yang ngomong gitu orang yang bapaknya bukan anggota DPR atau bukan punya partai. Coba saja, saya orang tua bukan siapa-siapa, nggak punya partai apa-apa, masuk politik emang nggak diminta duit sama partai g****k," ujarnya.

Terpisah, Brigitta mengaku tidak terima dengan pernyataan Mamat. Ia mengaku apa yang diungkapkan Mamat sudah kelewat batas, meski dalam konteks komedi.

"Buat saya Ini indonesia, negara hukum, bukan negara bercanda atau komedi di mana semua orang boleh bebas melakukan tindak pidana atas nama komedi dan bercanda," katanya kepada Media Indonesia.

"Saya memang digaji rakyat, pembantu rakyat. Kita hidup di Indonesia. Pembantu rumah tangga digaji memang sama majikannya tapi bukan berarti boleh diinjak-injak2, dimaki-maki dan dibully bahkan sampai difitnah," katanya.

Baca Juga

Antara

AmmanPelanggarHAM Trending di Twitter, Warganet Minta DPR Turun Tangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 12:44 WIB
Anggota Komisi VII DPR Adian Napitupulu sempat menyoroti kasus kecelakaan kerja beberapa pekerja yang...
ANTARA/Raisan Al Farisi

BNPT dan Densus 88 Dituntut Minta Maaf karena Lalai Jaga Agus Sujatno

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 09 Desember 2022, 10:48 WIB
Insiden bom bunuh diri di halaman Polsek Astanaanyar oleh mantan narapidana teroris (napiter) itu adalah bentuk kelalaian BNPT dan...
dok.ant

KUHP Baru Jadi Ancaman Serius Bagi Akademisi Kritis

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 09 Desember 2022, 09:10 WIB
KITAB Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang disahkan DPR pada Selasa, (6/12) dinilai berpotensi membelenggu kebebasan berpendapat semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya