Senin 03 Oktober 2022, 11:20 WIB

Ini Alasan Surya Paloh Pilih Anies Sebagai Capres dari NasDem

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Ini Alasan Surya Paloh Pilih Anies Sebagai Capres dari NasDem

MI/Ramdani
Anies Baswedan memeluk Surya Paloh seusai deklarasi sebagai capres NasDem pad Pemilu 2024, di di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Senin (3

 

KETUA Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh akhirnya mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Sosok yang dipilih yaitu Anies Baswedan.

"Ini lah akhir NasDem memilih sosok Anies Baswedan" kata Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Surya Paloh menyampaikan proses pemilihan Anies cukup panjang. Dia mendapat banyak masukan dari berbagai pihak sebelum memutuskan Anies sebagai capres dari NasDem. "Saya upayakan mendapat berbagai masukan, saran, pandangan, dan bagian dari kontempelasi diri sebelum saya mengambil keputusan," ungkap Surya Paloh.

Dalam kesempatan tersebut, Surya Paloh menyebutkan dirinya sudah melakukan berbagai pertimbangan yang matang dan telah meminta saran dari sejumlah pihak untuk menentukan capres di Pilpres 2024.

"Dari tiga nama yang kita usulkan dalam Rakernas lalu akan dipilih menjadi satu. Nama ini mungkin tidak sempurna. Tapi dalam sistem demokrasi yang kita miliki, keputusan ini untuk persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakannya suku, agama, dan ras untuk memimpin negeri ini," ujar Surya Paloh.

Ia mengaku tetap menjaring nama-nama anak bangsa yang memiliki niat baik untuk kepentingan bangsa dan negara, meskipun dari partai politik lain.

"Akhirnya yang dipilih Nasdem adalah yang terbaik dari yang terbaik. Untuk itulah saya memilih Anies Baswedan. Untuk mengubah karakter bangsa dan membawa perbaikan bagi Indonesia," tegas Surya Paloh.

Deklarasi Anies sebagai capres NasDem dihadiri sejumlah pejabat teras partai. Di antaranya, Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali, Bendahara DPP NasDem Ahmad Sahroni, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Prananda Surya Paloh, anggota Majelis Tinggi NasDem Lestari Moerdijat, dan lainnya.

Tanda-tanda menjadi capres yang diusung Partai NasDem sudah terlihat sejak sebelum pengumuman. Anies tiba di NasDem Tower menjelang pengumuman. Anies tiba di NasDem Tower sekitar pukul 09.30 WIB. Kedatangan Anies disambut Ketua DPP Sugeng Suparwoto.

Anies tak menyampaikan sepatah kata pun saat memasuki lobi NasDem Tower. Dia hanya melambaikan tangan dan langsung menuju lift.

Sebelumnya, Surya Paloh mempertimbangkan tiga nama untuk diusung menjadi capres. Mereka yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa. (OL-13)

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Capres NasDem, Anies: Bismillah, Kami Terima dan Siap Menjalani

 

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/Susanto

Tunjangan Dihentikaan saat Tugas Belajar, Dua Dosen Gugat UU

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 08 Desember 2022, 13:45 WIB
Dua dosen menguji ketentuan Pasal 51 ayat (1) UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen karena dianggap multitafsir dan dapat ditafisirkan...
Antara

Ruang Privat Tetap Dijamin Dalam KUHP

👤Sri Utami 🕔Kamis 08 Desember 2022, 13:20 WIB
Juru Bicara Tim Sosialisasi KUHP Nasional Albert Aries memastikan Pasal 284 tidak mengganggu ruang...
Antara

Sambut Hari HAM se-Dunia,  Indeks HAM Indonesia Jadi Tolok Ukur

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 08 Desember 2022, 12:45 WIB
Adanya pembangunan indeks HAM tersebut sebagai dasar analisis berbasis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya