Jumat 30 September 2022, 16:28 WIB

Upacara HUT TNI akan Diwarnai Parade Kendaraan Tempur dan Atraksi Pesawat

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Upacara HUT TNI akan Diwarnai Parade Kendaraan Tempur dan Atraksi Pesawat

Antara
Prajurit Korps Marinir TNI AL saat melakukan yel-yel.

 

PERINGATAN HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan digelar di lapangan Istana Merdeka, Jakarta, pada 5 Oktober mendatang.

Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono mengungkapkan bahwa perayaan tahun ini, selain upacara bendera, terdapat sejumlah kegiatan. Seperti, atraksi pesawat tempur F16, pameran alat umum sistem persenjataan (alutsista) dan parade (defile) kendaraan tempur (ranpur).

"Inspektur upacaranya direncanakan Bapak Presiden RI," ujar Margiyono di Istana Negara, Jumat (30/9).

Baca juga: Prabowo: Kita Perlu TNI dan Polri yang Kuat

Seusai upacara, Kepala Negara dikatakannya akan menyaksikan atraksi pesawat tempur F16 milik TNI Angkatan Udara (AU), yang melakukan flypass melintasi Istana. Lalu, ada aksi pesawat helikopter yang membawa bendera (giant flag), berikut akrobatik pasukan Jupiter TNI AU.

Presiden juga direncanakan akan menyapa para prajurit yang bertugas di pos lintas batas negara melalui video konferensi. Seperti, Entikong di Kalimantan Barat, lalu Sangihe di Sulawesi Utara, serta Papua Nugini.

"Setelah selesai melakukan video konferensi, Presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur terbaru yang kita miliki," imbuh Margiyono.

Baca juga: Kunjungan Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris di Bali

Terdapat 63 kendaraan tempur yang akan ditampilkan dalam parade HUT ke-77 TNI. Parade tersebut akan melintasi kawasan Bundaran HI Jakarta, sehingga masyarakat dapat ikut menyaksikan.

"Ini salah satu bentuk pertanggungjawaban kami kepada rakyat Indonesia. Alutsista ini semua dibeli juga dari rakyat Indonesia melalui pajak," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya