Sabtu 03 September 2022, 10:05 WIB

KPK Minta Pelaku Usaha Jalankan Bisnis yang Kompetitif dan Bersih

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
KPK Minta Pelaku Usaha Jalankan Bisnis yang Kompetitif dan Bersih

MI/Susanto
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron (kiri)

 

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan para pelaku usaha tak tergoda melakukan suap ke penyelenggara negara untuk memuluskan bisnisnya. Para pelaku usaha harus mengedepankan praktik bisnis yang kompetitif dan bersih.

"Mari kita ciptakan dunia usaha yang iklimnya tidak mendorong Anda untuk menyuap," kata Nurul Ghufron dalam audiensi dengan sejumlah asosiasi dan pelaku usaha di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (3/9).

Ghufron mengatakan pelaku usaha dari pihak swasta mendominasi tersangka korupsi yang ditangkap KPK. Berdasarkan data KPK pada 2004 hingga 2022, individu pihak swasta yang menjadi pelaku tindak pidana korupsi mencapai 367 orang atau sekitar 26%.

Baca juga:  KPK Geledah Dua Rumah Tersangka Suap Rektor Unila Karomani

Angka itu lebih tinggi dibandingkan pelaku dari legislatif yaitu 310 orang. Sedangkan, kepala daerah yang ditersangkakan KPK sebanyak 170 orang.

"Sementara, korporasi yang ditetapkan sebagai tersangka dan terbukti dipidanakan KPK sebanyak tujuh korporasi," jelas Ghufron.

Kondisi tersebut, ucap Ghufron, mendorong KPK untuk melakukan pencegahan korupsi secara intensif dan masif di sektor swasta. Lembaga Antikorupsi menelusuri penyebab dan melakukan pencegahan di titik tersebut.

"Kehadiran KPK tidak hanya untuk menangkap di hilir, tetapi juga menelusurinya di hulunya. Akar masalahnya seperti apa, itulah yang kami dalami untuk lakukan perbaikan," pungkasnya.(OL-5)
 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Indrayadi

KPK Belum Dapatkan Informasi Sahih Terkait Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 00:57 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sampai saat ini belum mendapatkan informasi yang sahih soal kondisi kesehatan Gubernur Papua...
MI/Susanto

CSIS Rilis Survei Milenial dan Gen Z Unggulkan Ganjar Pranowo

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 00:05 WIB
Lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) telah merilis hasil survei di mana pemilih milenial dan generasi Z...
Dok. BPIP

Kepala BPIP : Perkuat Ideologi Pancasila dan Jadilah Problem Solver

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 21:39 WIB
“Kita adalah bangsa yang paling diridhoi, dicintai, dikasihi oleh Allah SWT. Tinggal lakukan 2 hal. Bersyukur dengan memperkuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya